Masuki H-4, Arus Mudik di Pelabuhan Merak Relatif Lancar

Memasuki H-4 atau Senin (13/7), para pemudik dari Pulau Jawa dan sekitarnya yang berdatangan ke Pelabuhan Merak untuk menyeberang ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung, mengalami peningkatan. Meski demikian, secara keseluruhan suasana di pelabuhan dinilai relatif lancar.

Jumlah kapal roll on roll off (roro) yang dioperasikan PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Utama Merak mencapai 27 unit.

“Sejauh ini masih relatif lancar, kendati ada peningkatan jumlah penumpang yang datang dari Pulau Jawa dan sekitarnya menuju Pulau Sumatera. Tidak terjadi penumpukan kendaraan di dalam dan di luar pelabuhan. Tidak terjadi antrean panjang penumpang di loket tiket. Pelayanan terhadap penumpang arus mudik sejauh ini berjalan lancar,” jelas Humas PT ASDP Indonesia Ferry Cabang Utama Merak, Mario Sardadi Oetomo, Senin (13/7).

Mario menjelaskan, puncak arus mudik mungkin akan terjadi Selasa (14/7) atau H-3 karena sejumlah perusahaan mulai meliburkan karyawannya. Sisanya, mungkin akan terjadi pada Rabu (15/7) atau H-2 mengingat para pegawai negeri sipil (PNS) mulai merayakan liburan.

“Jika terjadi lonjakan jumlah penumpang dan kendaraan, kami akan mengoperasikan lebih dari 27 kapal roro per hari. Namun sejauh ini, penumpang arus mudik yang datang ke Pelabuhan Merak tidak secara serentak, sehingga mudah ditangani dan diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, Lampung,” jelasnya.

Mario menjelaskan, untuk H-5 yang berlangsung dari Minggu (12/7) pukul 08.00 WIB pagi hingga Senin (13/7) pukul 08.00 WIB pagi, jumlah penumpang yang diseberangkan ke Pelabuhan Bakauheni, sebanyak 79.488 orang yang terdiri atas penumpang pejalan kaki sebanyak 13.994 orang dan penumpang di atas kendaraan sebanyak 65.494 orang.

“Jumlah kapal roro yang beroperasi sebanyak 27 kapal dengan trip sebanyak 101 trip,” jelasnya.

Sementara, jumlah kendaraan roda dua (sepeda motor) sebanyak 6.120 unit, kendaraan roda empat sebanyak 7.997 unit, kendaraan bus sebanyak 543 unit, dan kendaraan truk sebanyak 747 unit.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker