Cerita Fahri Hamzah Tentang Sosok Dawam Rahardjo Semasa Hidup

Abadikini.com, JAKARTA – Kepergian Dawam Rahardjo rupanya menjadi sebuah kenangan dan cerita bagi Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah, menurutnya Dawam merupakan sosok cendekiawan yang teguh, dan berintelektual tinggi, menjadi panutan oleh beberapa tokoh nasional.

Fahri mengenal sosok Dawam ketika di organisasi yang dipimpin kala itu oleh Presiden ketiga RI BJ Habibie, Ikatan Cendekiawan Muslim se-Indonesia (ICMI).

“Saya diantar oleh almarhum Adi Sasono yang juga telah pergi. Mereka adalah sahabat yang baik. Berbeda tapi bersatu,” kata Fahri melalui pesan elektronik yang diterima redaksi, Kamis (31/5/2018).

Tokoh-tokoh berpengaruh yang telah pergi, sebut politisi dari PKS itu adalah Prof Amin Azis, Adi Aasono, Dawam Rahardjo. Sedangkan mereka yang masih hidup, yakni Prof AM Saefuddin dan Abdillah Taha adalah 5 Pendekar LSM yang sering disebut Pandawa lima.

“Mereka berlima mendirikan PPA, Pusat Pengembangan Agribisnis untuk membantu UKM. Lima tokoh ini banyak perbedaan, tapi begitu bicara rakyat dan Ummat mereka bersatu. Saya bersyukur sering menonton mereka berdebat terutama di marka PPA di Tebet. Setiap Jumat sore mereka bertemu dan saya diundang untuk mendengar,” bebernya.

Memang diakui Fahri, terakhir dirinya bertemu dengan mas Dawam dalam keadaan mulai sakit-sakitan saat takziah wafatnya Hj Tuti Alawiyah di Jatiwaringin.

“Ia tarik tangan saya ke pinggir. Dalam keadaan lemah ia masih menyampaikan banyak mimpi untuk membangun masyarakat. Rakyat ada dalam darahnya,” kenang politisi asal Nusa Tenggara Barat (NTB) itu.

Sebagai intelektual yang hidup bersama masyarakat, Mas Dawam tak hanya peduli dengan isu intelektual. Ia juga menulis tentang filsafat sampai ekonomi Islam, beliau juga bekerja dalam organisasi, sejak di prisma tahun 1980 sampai menjadi rektor tahun lalu.

“Selamat jalan mas Dawam, semoga Allah SWT menempatkan beliau di siaiNya yg mulia. Kami semua akan menyusul ke haribaanNya. Tugas kita adalah meneruskan kerja intelektual dan kemasyarakatan yang beliau telah mulai. Amin,” ucap Fahri Hamzah. (bob.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker