Ali Ibrahim Serahkan Dokumen PPKD Kota Tidore Kepulauan ke Mendikbud

Abadikini.com, TIDORE – Dalam rangka mendukung inisiatif KEMENDIKBUD RI untuk mendorong dan sekaligus memperkuat upaya Pemajuan Kebudayaan sesuai UU No. 5 Tahun 2017, Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim, MH (29/08/2018) didampingi Staf Ahli Walikota Bidang Kemsyarakatan dan SDM Drs.Hi. Asrul Sani Soleman, bertempat di lantai 3 Gedung A Kantor KEMENDIKBUD RI telah menyerahkan secara langsung dokumen Pokok Pikiran Kebudayaan Dearah (PPKD) Kota Tidore Kepulauan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P. Bersama Walikota Tidore Kepulauan 4 (empat) kabupaten/kota yang juga menyerahkan dokumen PPKD adalah Walikota Bandung, Wakil Bupati Ogan Komering Ulu dan Wakil Bupati Badung.

Dalam sambutan pembuka acara Dirjen Kebudayaan RI Hilmar Farid menyampaikan bahwa dari 534 kabupaten/kota baru sekitar 80 kabupaten/kota yang menyerahkan dokumen PPKD, termasuk Kota Tidore Kepulauan dan diapresiasi sebagai kabupaten/kota pelopor oleh Kemendikbud RI karena telah menyerahkan dokumen PPKD tepat waktu. Hari ini adalah kehormatan karena dokumen PPKD langsung diterima oleh Bapak Menteri, lanjut Dirjen Kebudayaan.

Dokumen PPKD selanjutnya akan diserahkan ke pihak provinsi di masing-masing kabupaten/kota untuk dirangkum menjadi dokumen PPKD provinsi sebagai bahan penyusunan strategi kebudayaan nasional yang akan diserahkan kepada Presiden RI dalam Kongres Kebudayaan Indonesia  yang akan dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 1-2 Desember 2018.

Sedangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Prof. Dr. Muhajir Effendy, M.A.P dalam pidato sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran para Walikota dan Bupati sebagai bagian dari komitmen dalam upaya-upaya pemajuan kebudayaan daerah sebagaimana amanat UU No. 5 Tahun 2017. Menteri dalam sambutanya juga menyebutkan bahwa kebudayaan daerah adalah puncak-puncak kebudayaan sebagai intisari yang berisikan nilai yang harus terus dijaga. (ak/humas)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker