Tak Sekedar Bumbu Dapur, Berikut Manfaat Ketumbar bagi Kesehatan

Abadikini.com,- Kari, rendang, gulai, hingga berbagai macam sambal adalah macam-macam yang sering menggunakan ketumbar sebagai bahan penyedap masakan. Namun, selain bagus untuk masakan, ternyata ketumbar memiliki banyak pula khasiat untuk kesehatan. Penasaran apa saja khasiat ketumbar untuk kesehatan? Berikut Go Dok jabarkan beberapa di antaranya :

Ini Dia Khasiat Ketumbar untuk Kesehatan Anda

Mencegah diabetes

Tahukah Anda, dengan rutin mengonsumsi ketumbar ternyata dapat mencegah diabetes lho! Hal ini dikarenakan menjaga kestabilan sistem hormonal serta sistem endokrin di dalam tubuh, sehingga kinerjanya berbuah positif dalam produksi insulin. Positif dalam hal ini berarti dapat menghasilkan insulin sesuai kebutuhan tubuh Anda, sekaligus menjaga kadar gula darah tetap normal. Nah, hal tersebutlah yang kemudian berguna untuk mencegah kadar gula berlebih dan diabetes.

Mencegah flu

Khasiat ketumbar untuk kesehatan yang pertama adalah untuk mengobati gejala flu serta demam. Kandungannya yang terdiri dari vitamin A, vitamin C, asam folat, dan beta-karoten. Tak hanya itu, ketumbar juga memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Semua hal tersebut dapat membantu Anda dalam mengatasi flu dan demam yang tengah menyerang.

Memperbaiki siklus menstruasi

Bagi wanita memiliki sirklus haid yang tidak teratur adalah hal yang mengkhawatirkan. Namun tahukah Anda dengan rutin  mengonsumsi ketumbar bisa menjadi solusi tersebut. Pasalnya, khasiat ketumbar untuk kesehatan mampu melencarkan serta menstabilkan siklus menstruasi. Ketumbar dapat merangsang sistem endokrin serta membantu dalam mengatur sirkulasi darah ketika datang bulan. Hal inilah yang melancarkan dan mengurangi rasa nyeri yang menyerang ketika haid.

Mencegah rematik dan radang sendi

Ayo jaga kesehatan tulang dan sendi dengan rutin mengonsumsi ketumbar. Pasalnya, biji ketumbar mengandung senyawa anti-inflamasi yang dapat melawan terjadinya peradangan pada daerah sendi. Karenanya, jangan ragu menambahkan biji ketumbar sebagai penyedap masakan guna mencegah rematik dan radang sendi.

Sistem percernaan lancar

Tahukah Anda bahwa ketumbar mengandung senyawa minyak esensial borneol dan linalool? Berdasarkan riset yang dimuat pada Journal on Complementary Medicine and Drug Discovery pada tahun 2011, kedua senyawa itulah yang dapat mengatasi berbagai masalah pencernaan, seperti diare, sembelit, rasa mual, serta muntah. Keduanya juga mampu memperbaiki tekstur serta kepadatan feses Anda sehingga pembuangannya menjadi lebih lancar. Tak hanya itu, ketumbar juga mampu mengatasi masalah pencernaan lainnya, seperti anoreksia dan dispepsia.

Menurunkan kolesterol

Kandungan asam pada ketumbar ternyata efektif untuk memecah lemak serta kolesterol yang mengendap di dalam tubuh. Sejalan dengan penjelasan tersebut, suatu penelitian dalam Journal of Environmental Biology pada tahun 2006, dinyatakan bahwa ketumbar dapat megurangi kadar LDL (kolesterol jahat) di tubuh Anda.

Mengatasi penyakit kulit

Tak hanya baik untuk kesehatan organ-organ dalam tubuh, ketunbar ternyata juga bermanfaat bagi kesehatan kulit luar. Kandungan antibiotik serta anti-inflamasi alami di dalam daun dan biji ketumbar efektif untuk mengatasi peradangan kulit, seperti luka lebam, luka terbuka, bisul, ruam, serta jerawat. Melalui hasil riset yang terbit pada Journal of German Society of Dermatology pada tahun 2008, dikonfirmasi pula manfaat ketumbar untuk melindungi kulit terhadap paparan sinar matahari.

Mulai hari ini jangan segan untuk meletakan ketumbar ke dalam bahan makanan Anda ya!

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker