Kim Jong-un dan Moon Jae-in Teken Kesepakatan Damai Tahun Ini

Abadikini.com, JAKARTA- Korea Utara dan Korea Selatan akan menandatangani kesepakatan damai untuk secara resmi mengakhiri Perang Korea, tahun ini, setelah 65 tahun dijeda oleh gencatan senjata.

Hal tersebut diumumkan oleh kedua negara dalam pernyataan bersama, Jumat (27/4), setelah menggelar pertemuan tingkat tinggi pertama dalam satu dekade terakhir.

Dokumen yang secara resmi disebut “Deklarasi Panmunjom soal Perdamaian, Kesejahteraan dan Unifikasi di Semenanjung Korea” diungkap setelah pertemuan antara pemimpin Korut Kim Jong-un dan Presiden Korsel Moon Jae-in berlangsung selama seharian.

Kedua pemimpin negara juga sempat berbicara empat mata selama 30 menit sebelum sesi resmi dimulai kembali, dan diakhiri dengan pernyataan bersama.

“Kedua pemimpin negara secara resmi mendeklarasikan … bahwa tak ada lagi perang di Semenanjung Korea dan era baru perdamaian telah dimulai,” bunyi deklarasi tersebut.

Pertempuran Perang Korea berakhir dengan gencatan senjata pada 1953. Namun, kesepakatan damai tak pernah tercapai dan kedua pihak secara teknis masih dalam status berperang.

Kim tiba di DMZ pada sekitar 9.30 waktu setempat atau 7.30 WIB pagi, untuk menghadiri pertemuan tingkat tinggi pertama kedua negara dalam satu dekade terakhir.

Dia berjalan ke garis demarkasi, disambut oleh Moon. Setelah menjalani serangkaian acara sambutan, kedua pemimpin negara beserta anggota delegasi masing-masing memulai dialog resmi sesi pertama di Rumah Perdamaian, di wilayah Korsel. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker