Pembelot Korea Utara Lakukan Aksi Bakar Foto Kim Jong Un di Depan Gedung Parlemen Korea Selatan

abadikini.com, SEOUL – Aktivis anti Korea Utara (Korut) dan para pembelot Korut merobek-robek foto Kim Jong Un dalam demonstrasi yang baru saja terjadi di depan Gedung Parlemen Korea Selatan (Korsel).

Demonstrasi ini digelar untuk memprotes langkah Korsel yang merangkul Korut agar bisa ikut Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang. Mereka juga kesal dengan dibentuknya tim hoki es gabungan dengan Korut.

Dikutip dari ABC, Sabtu (27/1/2018), aksi ini dipimpin langsung oleh seorang pembelot Korut bernama Park Sang Hak beserta delapan pembelot lain.

“Aksi ini adalah wujud kebersamaan 32 ribu pembelot yang telah bertaruh nyawa untuk pindah ke Korsel,” teriak Park.

Setelah berteriak-teriak dan mengumandangkan yel-yel, Park dan teman-temannya lantas merobek-robek foto Kim Jong Un dan melemparkan sobekan-sobekan itu ke udara.

Di Seoul, protes Park kerap mendapat sorotan. Terlihat ia begitu membenci negara asalnya dan juga Kim Jong Un beserta rezimnya.

Beberapa tahun lalu, ia diduga sebagai dalang di balik kampanye propaganda balon yang diterbangkan dari Korsel ke Korut, berisi ajakan untuk warga Korut agar membelot ke Korsel.

Awal pekan ini, sebuah kelompok konservatif di Seoul juga menggelar aksi serupa. Mereka membakar foto Kim Jong Un dan sebuah bendera Korut.

Demo itu digelar bertepatan dengan agenda kunjungan delegasi seni Pyongyang ke Seoul dan Gangneung untuk meninjau lokasi seremoni pembukaan PyeongChang 2018.

 

(beng.ak/fjr)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker