Hoax: Menara Masjid Raya Bandung Bergoyang Seperti Akan Roboh, Warga Panik Berhamburan dan 2 Orang Bocah Terluka

abadikini.com, BANDUNG – Warga yang tengah duduk-duduk santai di taman Alun-Alun Kota Bandung mendadak heboh dan berhamburan karena adanya suara teriakan dari orang yang mengatakan bahwa menara Masjid Raya Bandung itu bergoyang seperti akan roboh, Senin (26/6/2017), sekitar pukul 13.30 WIB.

Masjid ini memiliki dua menara yang dilengkapi lift untuk wisatawan yang ingin melihat pemandangan Kota Bandung dari ketinggian.

Pemandangan dari atas menara Masjid Raya Bandung.

Dua bocah pria dibawa ke rumah sakit karena terluka. Keduanya terinjak pengunjung yang berhamburan panik akibat kabar hoax soal robohnya salah satu menara Masjid Raya Bandung Jawa Barat atau Masjid Agung Bandung. Polisi memastikan menara masjid tersebut tetap berdiri kokoh.

“Kebetulan saya ada di dekat lokasi. Jadi awalnya di dalam, liftnya bunyi karena mungkin over load. Warga yang di bawah enggak tahu dan langsung teriak-teriak,” kata Taspen saat ditemui di Markas Komando I Satpol PP, Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung.

Setelah itu, menurut dia, di bagian luar masjid tersebut tiba-tiba ada orang teriak yang menyebutkan menara bergoyang dan akan roboh. Akibatnya para pengunjung yang tengah berada di area masjid dan Taman Alun-alun yang berumput sintetis itu langsung lari berhamburan.

“Di luar ada yang teriak menara jatuh. Enggak tahu siapa yang teriak. Itu provokator,” ujarnya.

Dia menambahkan, akibat kepanikan yang terjadi, banyak wisatawan yang kehilangan barang bawaannya. Bahkan ada pengunjung terluka. “Ada yang patah karena jatuh lalu terinjak pengunjung lainnya. Ada juga yang kehilangan barang berharga,” tutur Taspen.

Kapolsek Regol Yanna Nurhandiana memastikan kabar menara Masjid Agung Bandung roboh itu bohong belaka. “Kabar tersebut hoax,” kata Yanna di lokasi yang sama.

Warga kembali ramai di lokasi kejadian ketika diketahui itu hanya hoax yang sengaja dibuat oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Kondisi terkini di sekitar lokasi sudah tenang dan kondusif. Menurut Yana, akibat kegaduhan itu dua bocah yaitu Adam (10) dan M Rizki (10) mengalami luka lantaran terseret pengunjung lainnya yang panik. Adam patah tulang di bagian paha sebelah kiri dan Rizki luka pada bagian kepala belakang. Kedua bocah tersebut berdomisili di Cijerah, Kota Bandung.

“Korban dibawa ke RS Muhamadiyah Bandung untuk mendapat perawatan,” ujar Yanna. (gil.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker