Tak Ikuti 200 Daftar Mubalig Kemenag, MA Undang Abdul Somad Ceramah di Masjid Al-Mahkamah

Abadikini.com, JAKARTA – Kementerian Agama (Kemenag) tidak memasukkan nama Ustadz Abdul Somad (UAS) dalam 200 daftar mubalig yang bisa dijadikan rujukan masyarakat saat ingin mencari penceramah agama. Meski begitu, salah satu lembaga tinggi negara yakni Mahkamah Agung (MA) memilih Ustadz Abdul Somad (UAS) sebagai penceramah. UAS mengisi ceramah agama di Masjid Al-Mahkamah yang ada di lingkungan MA usai salat zuhur pada Kamis (24/5/2018).

Juru bicara MA Agung Suhadi mengatakan rilis 200 mubalig yang dikeluarkan Kemenag terlalu sedikit untuk memenuhi kebutuhan Muslim di Indonesia. Sehingga mubalig yang tidak terdaftar dalam rilis itu tidak serta bisa dianggap mubalig yang dilarang berdakwah.

“Kami hanya mencari ustadz yang disenangi masyarakat, yang diundang oleh masyarakat, kami coba hadirkan di Mahkamah Agung,” kata Suhadi saat dikonfirmasi, Kamis (24/5/2018).

Suhadi mengatakan undangan untuk UAS berceramah di Masjid Al-Mahkamah diberikan sebelum Kemenag merilis 200 mubalig yang bisa dijadikan rujukan masyarakat. Ia mengatakan kewenangan mengundang tidak berada pada struktur MA melainkan pada pengurus Dewan Masjid Al-Mahkamah.

“Pihak dewan masjid juga pernah mengundang Adhyaksa Dault dan Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar untuk berceramah. Untuk tahun ini yang memberikan ceramah di MA ustadz yang disenangi orang sekarang: Abdul Somad,” ujarnya. (ak.tirto)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker