Jokowi Tegaskan Penunjukan Iriawan PJ Gubernur Jabar Bukan Campur Tangannya

Abadikini.com, TANGERANG – Dilantiknya Komjen Mochamad Iriawan menjadi penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat beberapa hari lalu. Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan, penunjukan tersebut bukan merupakan campur tangannya.

“Dari bawah. Dari Kemendagri baru ke kita (saya),” kata Jokowi usai meninjau pengerjaan proyek runway Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (21/6/2018).

Meski begitu, menurut, Jokowi, pelantikan Iriawan sebagai Pj Gubernur Jawa Barat telah melalui tahapan proses dan pengkajian yang dilakukan Kementerian Dalam Negeri.

“Semuanya sudah dalam pengusulan Pj Gubernur Jabar. Saya kira lebih detail, silakan tanya ke Mendagri ya,” ujar Jokowi.

Perwira tinggi Polri yang juga Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Iriawan resmi dilantikan sebagai penjabat gubernur Jawa Barat.

Ia menggantikan Ahmad Heryawan yang masa jabatannya sebagai gubernur Jawa Barat habis pada pekan lalu.

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat dilakukan oleh Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, di Gedung Merdeka Bandung, Senin (18/6/2018) kemarin.

Pelantikan Iriawan tersebut didasarkan pada Keputusan Presiden Indonesia Nomor 106/P Tahun 2018 tentang Pengesahan Pemberhentian Dengan Hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat Masa Jabatan Tahun 2013-2018 dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Jawa Barat.

Usai pelantikan, Iriawan meminta masyarakat tidak perlu ragu terkait penunjukan dirinya sebagai penjabat gubernur Jawa Barat oleh Presiden RI.

Iriawan memastikan dia akan menjalankan tugas-tugas gubernur sebaik mungkin, khususnya terkait isu netralitas dalam Pilkada. (leo.ak)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker