Link Kabar Hoax Kematian Rowan Atkinson ‘Mr. Bean’ Usung Virus Komputer

Abadikini.com – Aktor pemeran Mr. Bean, Rowan Atkinson dikabarkan meninggal. Namun, alih-alih terkonfirmasi kebenarannya, tautan yang memuat kabar hoaks tersebut malah bisa menyebarkan virus bagi komputer orang yang mengaksesnya.

Kabar itu muncul pada Selasa (17/7) setelah adanya unggahan yang mengklaim Atkinson telah meninggal karena kecelakaan mobil di Los Angeles.

FOX BREAKING NEWS: Mr. Bean (Rowan Atkinson)’ meninggal di usia 62 setelah mobilnya tabrakan saat berupaya melakukan sebuah aksi yang sempurna. Hari ini Juli, 2017,” tulis unggahan itu.

Situs Hoax Slayer mengungkapkan kepada Chronicle Live bahwa tautan-tautan itu akan menggiring pembaca ke laman pengamanan palsu yang mengklaim komputer mereka telah terkunci dan meminta mereka untuk menelepon sebuah nomer.

Hoax Slayer memperingatkan agar orang-orang tidak menelepon nomor itu.

“Anda akan diminta untuk menelepon sebuah nomor untuk meminta pertolongan dengan masalah pengamanan tersebut,” ujar perwakilan Hoax Slayer, dikutip Evening Standard.

“Meski demikian, jika anda menelepon sesuai yang diinstruksikan, staf dari laman palsu itu akan mencoba mengelabui anda agar anda memberikan detail kartu kredit kepada mereka, seolah-olah untuk membayar perbaikan komputer anda.”

“Para penipu itu mungkin juga akan mencoba untuk mengelabui anda agar mengunduh sebuah perangkat lunak yang akan memberikan akses mereka untuk mengontrol komputer anda, mencuri data anda, dan menginstal virus,” papar Hoax Slayer.

Atkinson sendiri telah berulang kali menjadi korban cerita hoaks. Pada Maret 2017, beredar unggahan serupa yang mengatakan pria yang kini berusia 63 tahun itu telah meninggal.

Kejadian serupa pernah dialami oleh sejumlah selebriti papan atas, termasuk Sylvester Stallone, Jackie Chan, Johnny Depp, Morgan Freeman, Eminem dan Adam Sandler. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker