Pemprov DKI akan Jadikan Kawasan Luar Batang Sebagai Pusat Wisata Halal

Sandiaga Uno: "Alangkah baiknya kalau di sini ada (tempat) untuk wisatawan yang ingin sholat malam di sini, ingin sholat subuh di sini, kalau mau istirahat ada hotel syariahnya di sini,"

abadikini.com, JAKARTA – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno akan mendorong kawasan Luar Batang untuk dijadikan pusat wisata halal atau halal tourism. Ia yakini Luar Batang memiliki daya tarik untuk dijadikan destinasi wisata halal.

“Kita akan dorong ke depan, kemarin ada pemikiran bahwa ini menjadi koridor halal tourism yang berpusat di Luar Batang ini, sebuah daya tarik destinasi wisata halal,” kata Sandi kepada wartawan saat usai menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Jami’ dan Maqam Al-Habib Husein bin Abubakar Alaydrus, Keramat Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Minggu (17/12).

Pasalnya menurut Sandi, kawasan Luar Batang yang kaya akan nilai sejarah sejak jaman Belanda itu adalah salah satu simbol persatuan warga, baik persatuan umat Islam maupun umat global.

“Kita harus juga melihat bahwa ke depan, Masjid Luar Batang ini menjadi sarana untuk mempersatukan umat, ukhuwah islamiyah dan ukhuwah wathaniyah,” ujarnya.

Sandi menjelaskan, dirnya adanya keinginan untuk membangun hotel syariah di kawasan yang terkenal dengan pasar ikannya itu. Sebab banyak jamaah yang melakukan qiyamul lail atau ibadah malam di Masjid Jami’ dan Maqam Al-Habib Husein. Termasuk, kata Sandi, banyak warga yang 24 jam berziarah atau berwisata datang ke sana.

“Alangkah baiknya kalau di sini ada (tempat) untuk wisatawan yang ingin sholat malam di sini, ingin sholat subuh di sini, kalau mau istirahat ada hotel syariahnya di sini,” jelasnya.

Sandi menyebut, saat ini Pemprov DKI masih membicarakan konsep penataan, serta menyusun regulasi yang dibutuhkan. Saat ini, belum ada peraturan gubernur (pergub) atau peraturan daerah (perda) yang secara khusus mengatur penataan Luar Batang.

“Ini harus kita bukan hanya lestarikan, tetapi juga kita kembangkan dan dijaga. Dibuat rapi, bersih, tenteram, rukun, dan membawa berkah yang lebih banyak bukan hanya untuk warga sekitar tetapi untuk semua warga Jakarta,” kata Sandi.

Diketahui, dimasa pemerintahan Gubernur Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, dilakukan penertiban bangunan dan hunian liar di kawasan Pasar Ikan, Luar Batang. Namun, saat ini lahan di sana sudah dibangun kembali beberapa bangunan semi permanen atau bedeng untuk tempat tinggal warga. (siti.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker