Presiden Jokowi Ucapkan Selamat atas Pelantikan Ratusan Praspa TNI dan Polri

Abadikini.com, JAKARTAPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengucapkan selamat atas kelulusan Prasetya Perwira (Praspa) Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Negara Republik Indonesia 2018.

“Atas nama pribadi atas nama masyarakat, bangsa, negara, saya menyampaikan selamat atas pelantikan saudara-saudara, para ksatria muda sebagai perwira remaja, TNI dan Polri,” ungkap Presiden saat memberikan arahan dihalaman depan Istana Merdeka, Kamis (19/7/2018).

Pasalnya, Presiden Jokowi sangat paham untuk sampai tahap ini para Praspa ini telah melewati saringan yang sangat berat, mulai dari daerah sampai pusat. Bahkan setelah menjadi taruna, perjuangan pun tambah berat karena harus menjalani sederet gemblengan.

“Gemblengan Kawah Candradimuka, digembleng di Kawah Tidar, digembleng di Bumi Moro Kembangan, Bumi Tetuko dan Candi Bumi Bhayangkara,” tambah dia. Maka itu, rasa kebangsaan dan ke-Indonesiaan Praspa tidak diragukan lagi.

“Sekali lagi saya ucapkan selamat dan sukses, dan saya bangga bisa melantik saudara2 para ksatria muda yang gagah perkasa, para perwira remaja, hadirin yang berbahagia,” lanjut Presiden. Sekadar tahu saja, dalam pelantikan ini Presiden Jokowi didaulat sebagai Inspektur Upacara.

Dalam kesempatan itu juga, Presiden sempat menyampaikan beberapa amanat untuk para praspa. Salah satunya yakni, jadikanlah momen pelantikan ini tidak hanya sebagai momen selebrasi tapi juga momen peneguhan kewajiban dan tanggung jawab Praspa.

Begitu juga, Praspa harus mengabdi kepada bangsa, negara dan menegakkan serta menjaga merah putih. Apalagi, perwira yang dilantik kali ini merupakan penentu reformasi dari TNI, Polri. “Tangan kalian lah yang akan menjalankan adaptasi dan reformasi itu,” tegas Presiden.

“Tunjukkan integritas dan loyalitasmu kepada masyarakat dan negara. tunjukkan kecerdasan dan ketangkasanmu untuk menghadapi perubahan zaman,” lanjutnya. Dengan begitu, ia meminta kepada Praspa untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia tercinta.

Terakhir, Presiden mengucapkan selamat bertugas para patriot muda Indonesia. Serta jagalah kehormatan dirimu sebagai perwira TNI Polri. “Buatlah orang tuamu bangga, buatlah Indonesia berjaya, Indonesia menunggu darma baktimu,” tutup dia.

Adapun dalam kesempatan kali ini, Praspa yang dilantik berjumlah 225 orang untuk TNI Angkatan Darat, 102 orang TNI Angkatan Laut, 119 orang Angkatan Udara, dan 278 orang Kepolisian. (ak.kontan)

  • 5
    Shares
Topik Berita

Baca Juga