Korsel: Erick Thohir Dukung Tim Gabungan Korut di Asian Games

Aabadikini.com – Korea Selatan mengklaim Erick Thohir selaku Ketua Komite Penyelenggara Asian Games Indonesia 2018 (Inasgoc) mendukung negara tersebut mengirimkan tim gabungan dengan Korea Utara dalam ajang Agustus mendatang.

Menurut Duta Besar Korsel untuk Indonesia, Kim Chang-beom, pernyataan Erick disampaikan saat kedua pihak bertemu dalam rangka koordinasi soal wacana pengiriman tim gabungan tersebut.

“Saya sudah bertemu dengan Erick Thohir dan dia sangat mendukung rencana ini,” ujar dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (19/4).

Kim mengaku tetap optimistis meski membentuk tim gabungan dua negara sangat sulit karena mereka harus mendapatkan dukungan penuh dari Inasgoc dan Dewan Olimpiade Asia (OCA).Menurut Kim, wacana ini pertama kali dibahas saat menteri olahraga kedua negara bertemu di sela acara kebudayaan di Pyongyang pada Maret lalu.

Dalam pertemuan itu, kedua menteri membicarakan sejumlah hal yang mungkin dilakukan secara bersama-sama oleh delegasi Korut dan Korsel di Asian Games.

“Salah satu yang dibicarakan kemungkinan atlet kedua negara pawai bersama di bawah satu bendera,” ucap Kim.

Sebelumnya, atlet Korut dan Korsel sudah beberapa kali melakukan pawai bersama dalam sejumlah ajang olahraga internasional, terakhir kali di Olimpiade Musim Dingin di Pyeongchang pada Februari lalu
Kim mengatakan pemimpin kedua negara mungkin akan membicarakan wacana ini dalam konferensi tingkat tinggi Korsel-Korut pada 27 April mendatang.

Agenda utama dalam konferensi tersebut adalah pertemuan pertama antara pemimpin tertinggi Korut, Kim Jong-un, dan Presiden Korsel Moon Jae-in.

Pihak Korsel akan membawa tiga agenda penting, yaitu upaya denuklirisasi, perjanjian perdamaian, dan penguatan hubungan kedua negara. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker