Bupati Konawe Utara Ruksamin Kupas Soal Masalah Petani dan Nelayan di Universitas Muhammadiyah Kendari

Abadikini.com, KENDARI- Bupati Kanawe Utara  Dr. Ruksamin memberikan Kuliah Umum di Universitas Muhammadiyah Kendari dengan tema “Pengembangan Sektor Pertanian, Perikanan dan Ilmu Kelautan Sebagai Basis Pemberdayaan Masyarakat Untuk Kesejehateraan” pada Kamis, 19 April 2018 di Aula Universitas Muhammadiyah Kendari, Sulawesi Tenggara.

Dr. Ruksamin mengupas Kondisi infrastruktur wilayah pengembangan, kurangnya sarana penunjang serta pemasaran hasil produksi serta soal Petani dan juga nelayan.

Dirinya mengatakan bahwa masalah – masalah petani dan nelayan itu ada dua, Diagonal dan Pemasaran.

“Masalahnya petani hanya ada dua, baik nelayan, pertama diagonal kedua pemasaran. ini yang menjadi masalah klasik kita dimana – mana, tetapi ini yang dipahami oleh petani kita” ujar Ruksamin saat beri kuliah umum di Aula Universitas Muhammadiyah Kendari, Kamis (19/4/2018) 

Ketua DPW Partai Bulan Bintang (PBB) Sulawesi Tenggara ini menjelaskan bahwa Petani dan Nelayan tidak pernah berpikir bagaimana tentang kualitas, bagaimana dengan tentang kuantitas dan bagaimana dengan kontinuitasnya.

Menurutnya, Kualitas dan kuantitas masih bisa dikerjakan dengan baik namun untuk kontinuitasnya belum bisa. Dirinya mencontohkan bagaimana belum bisanya menciptakan kontinuitas.

“Misalnya, ketika saya bangun rumah dan ada orang BTN ingin pesan 1 ton ikan Mujaer. Semuanya ada, ada satu hari sampai satu bulan bisa, tapi setelah itu.. Itulah kontinuitas” tutur Ruksamin mencontohkan soal belum bisanya menciptakan Kontinuitas di Nelayan. (ak/beng)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker