Taman Nasional Aketajawe pada Tahun 2015 Sudah ditetapkan RIPPDA

Abadikini.com, TIDORE- Terkait dengan hasil Observasi destinasi Wisata Taman Nasional Aketajawe Lolobata Wilayah Satu Kota Tidore Kepulauan di Tayawi Desa Koli Kecamatan Oba beberapa hari lalu, Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, mengadakan rapat dengan Balai Taman Nasional Aketajawe lolobata, Kamis (18/2) bertempat di ruang rapat Walikota.

Rapat dipimpin Walikota Tidore Capt. H. Ali Ibrahim, MH dihadiri Kapolres Tidore, Asisten Sekda, Staf Ahli, Kepala SPTN wilayah I Taman Nasional Aketajawe, Pimpinan SKPD terkait, para camat, Kepala Desa Koli, Sanggar Wisata Tayawi serta Direktur Rumah pemberdayaan Nusantara.

Pada kesempatan ini Walikota Capt. H. Ali Ibrahim menyampaikan Taman Nasional Aketajawe sendiri pada Tahun 2015 sudah ditetapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA) kepada Kota Tidore sebagai satu desatinasi unggulan, ini merupakan dasar hukum bagi Kota Tidore untuk bekerjasama mengembangkan Taman Nasional Aketajawe sebagai destinasi wisata.

Walikota berharap kepada balai dapat meberikan ruang untuk dapat bekerjasama dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk bersama-sama membangun dan mengembangkan Taman Nasional Aketajawe yang berada di wilayah Kota Tidore. Pada prinsipnya dalam melayani wisata, indikator kinerja yang diukur adalah berapa banyak pengunjung yang datang.

Untuk itu, dengan terjalinnya kerjasama Pemerintah Kota Tidore dapat mengetahui setiap pengunjung yang datang ke Taman Nasional Aketajawe.

Kepala SPTN wilayah I Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Raduan dalam kesempatan tersebut mengatakan, mempercepat pembangunan infrastruktur Taman Nasional Aketajawe Lolobata harus ada kerjasama dari pemrintah daerah, Untuk itu Balai menyambut baik dan siap menjalin kerjasam dengan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, karena sampai sekarang beberapa infrastruktur penunjang seperti shelter, Camping Ground dan lainnya untuk Taman Nasional Aketajawe belum ada. Untuk itu, dengan adanya kerjasama dapat mempercepat pengembangan Taman Nasional Aketajawe kedepan.

Lebih lanjut, Raduan mengatakan, Taman Nasional Aketajawe Lolobata diwilayah Kota Tidore Kepulauan memiliki berbagai macam destinasi wisata seperti Burung bidadari, lima wisata Air terjun, Hutan khas, hutan Damar, berbagai tanaman khias serta berbagai macam wisata hiburan, wisata konservasi dan wisata penelitian lainny.(ak/beng)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker