Revitalisasi Pasar Induk Jodoh, Pemerintah Pusat siap Gelontorkan Rp 7 Miliar

Abadikini.com, BATAM – Guna membangun dan penataan kota Batam yang lebih baik Pemerintah kota Batam berencana akan merevitalisasi pasar Induk Jodoh menjadi pasar tradisional yang lebih baik. Kamis, (18/1/2018).

Rencana itu mendapat dukungan dari ke Kementerian Perdagangan RI yang akan menggelontorkan APBN sebesar Rp.7 Miliar tahap awal.

Bantuan itu sendiri difokuskan untuk peremajaan/revitalisasi pasar induk jodoh untuk merelokasi ratusan pedagang ditempat yang lebih nyaman dan aman.

Awalnya, walikota Batam menjelaskan bahwa Anggaran yang diajukan adalah sebesar Rp. 100 Miliar, namun untuk tahap awal Pemerintah Pusat hanya menyetujui 7 Miliar.

“Kita minta Rp 100 miliar. Tapi kata mereka banyak amat. Saya bilang, kan mau bagus. Jadi mereka bantu Rp 7 miliar dulu untuk awalnya,” kata Rudi di Kantor Walikota Batam, beberapa waktu lalu.

Pembangunan pasar ini akan mengacu pada detailed engineering design (DED) yang dibuat Pemerintah Kota Batam. Desain ini dibuat dengan menggunakan APBD, di luar dana pusat. Dan rencananya sudah selesai desainnya pada Februari awal.

Untuk pembangunannya, menunggu penyerahan aset dari Kementerian Keuangan. Saat ini Pemko Batam baru memegang surat pinjam pakai dari BP Batam. Dengan surat ini Pemko sudah bisa mulai membersihkan kawasan pasar induk. Sedangkan pembangunan bisa dimulai setelah ada penyerahan aset. (ak.Zul/acang/haykal)

 

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker