Walikota Ali Ibrahim Hadiri Seminar Bina Desa Universitas Khairun di Kecamatan Oba

Abadikini.com, TIDORE – Walikota Tidore Kepulauan, H. Ali Ibrahim membuka secara resmi Seminar Bina Desa yang dilaksanakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun Ternate yang dipusatkan di Desa Kususinopa Kecamatan Oba, Minggu (16/9/2018).

Seminar yang mengambil tema Strategi “Pemberdayaan Potensi Desa sebagai Upaya Memperkuat Perekonomian Daerah dari Desa” ini menghadirkan lima orang pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk bertindak sebagai narasumber. Masing-masing Kaban Bapelitbang, Marwan Polisiri, Kaban PMD, Hamid Abdullah, Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan, M. Tahsim Hayatudin, Kadis Pertanian, Imran Jasin, Kadis Perindagkop, Saiful Latif.

Ali Ibrahim dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair yang telah memilih dan menetapkan Desa Kususinopa sebagai desa binaan. “Ini merupakan bentuk kepedulian Fakultas Ekonomi terhadap kemajuan desa dan kesejahteraan masyarakat di Kota Tidore Kepulauan,” kata Ali Ibrahim.

Ali Ibrahim mengharapkan seminar ini dapat memberikan input positif sekaligus menghadirkan solusi terhadap percepatan pembangunan di Desa Kususinopa.

“Terutama adalah bagaimana merubah mindset masyarakat pedesaan bahwa partisipasi masyarakat berperan penting dalam pembangunan desa dan peningkatan kesejahteraan masyarakat terutama dalam mendukung visi Pemkot yaitu terwujudnya Kemandirian Kota Tidore Kepulauan sebagai Kota Jasa berbasis Agro-Marine,” harapnya.

Sementara, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair, Abdullah W. Jabid dalam sambutannya menjelaskan bahwa kegiatan ini diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha dan sejahtera.

Di sisi lain, kata Abdullah, masyarakat desa juga diharapkan mampu menemukan dan mengembangkan potensi yang sudah ada untuk diwujudkan menjadi kegiatan nyata atau kegiatan yang dirintis menjadi lebih berkembang dan bermanfaat sehingga bagi masyarakat.

Abdullah juga mengapresiasi kehadiran Walikota bersama sejumlah pimpinan SKPD dan bersedia menjadi narasumber kegiatan. Sejak kegiatan Bina Desa ini digulirkan sangat jarang kegiatan seperti ini mendapat perhatian khusus dari Kepala Daerah, namun untuk Kota Tidore Kepulauan, “saya mengapresiasi kehadiran Pak Wali dalam seminar ini,” ujar Abdullah.

Sementara itu Presiden BEM fakultas Ekonomi dan Bisnis Unkhair, Gufran Ayub dalam laporannya menjelaskan bahwa kegiatan bina desa ini sudah berlangsung selama dua minggu sejak tanggal 3 September lalu dan diikuti sebanyak 40 orang peserta bina desa.

Adapun sejumlah kegiatan yang telah dilaksanakan antara lain, Observasi dan identifikasi potensi desa, Workshop Tatakelola Keuangan Desa dan Perencanaan Pembangunan Desa, bantuan Mengajar di SDN Kususinopa dan SMPN 14 Tidore, serta Pembuatan Sabuah Baca.

Di sela-sela pembukaan seminar, Walikota juga meresmikan Sabuah Baca yang dibuat oleh para Mahasiswa. Peresmian tersebut ditandai dengan pengguntingan pita. Dan untuk membantu pengembangan sabuah baca, Walikota menyumbang sebanyak 50 buah buku untuk inventaris di Sabuah Baca tersebut. (ak.humas)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker