Militer Arab Saudi Beberkan Bukti soal Keterlibatan Iran

Abadikini.com, ARAB SAUDI – Angkatan Bersenjata Arab Saudi, Senin (16/4) malam, menunjukkan bukti keterlibatan Iran dalam serangan-serangan rudal balistik dan pesawat tanpa awak milisi Houthi Yaman ke wilayah negara itu dalam beberapa tahun terakhir.

Bukti berupa sisa-sisa rudal dan “drone AUV Ababil” buatan Iran yang berhasil dirontokkan sistem pertahanan militer Arab Saudi itu ditunjukkan kepada puluhan wartawan Arab Saudi dan mancanegara dalam sebuah konferensi pers seperti yang dilansir Reuters, Selasa (17/4) pagi.

Dalam konferensi pers yang dilangsungkan di Hotel Le Meridien Al Khobar itu, perwira militer Arab Saudi, Kolonel Turki S. Al Maliki, menegaskan rudal dan pesawat nirawak Ababil itu diluncurkan milisi Houthi untuk menyerang Jazan dan Bandar Udara Abha.

Serangan milisi Houthi yang didukung Iran dengan rudal balistik dan AUV Ababil ke Jazan dan Bandara Abha, Arab Saudi, itu terjadi pada tanggal 11 April 2018, katanya.

Menurut Turki, kelompok milisi Houthi tak mungkin memiliki kemampuan menyerang dengan alat utama sistem senjata rudal balistik dan AUV Ababil ke wilayah Arab Saudi dari Yaman tanpa bantuan pasokan dari Iran.

“Kemampuan yang sama juga diberikan Iran kepada Hizbullah dan Hamas,” katanya (ak/akt)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker