FIFA selidiki kasus rasis laga Rusia vs Prancis

Abadikini.com, MOSCOW- FIFA membuka penyelidikan atas kasus pelecehan rasis oleh fans Rusia yang diarahkan kepada para pemain Prancis selama pertandingan persahabatan pra-Piala Dunia bulan lalu, kantor berita RIA mengutip pernyataan seorang pejabat federasi sepak bola Rusia, Senin.

FIFA mengatakan pada saat ini tengah mengumpulkan bukti-bukti dan laporan pertandingan yang berkaitan dengan insiden itu.

Pada pertandingan tersebut, Les Blues keluar sebagai pemenang dengan skor 3-1. Namun, selama pertandingan Pogba dan Dembele menerima pelecehan rasial.

Kondisi tersebut membuat FIFA melakukan investigasi terhadap insiden itu. Insiden tersebut juga mendapat kecaman dari Menteri Olahraga Prancis, Laura Flessel.

“Pelecehan rasial tidak memiliki tempat di lapangan sepak bola. Kita harus menghilangkannya dari sepak bola Eropa dan internasional,” tulis Laura pada akun Twitter-nya.

Dukungan terhadap pemberantasan pelecehan rasial datang dari pemerintah Rusia, “Kami akan melakukan investigasi terhadap pertandingan tersebut. Apabila ada pelanggaran, kami akan menindakinya,” tutur satuan anti diskriminasi Rusia, Alexei Smertin.

Sebelumnya, Presiden FIFA, Gianni Infantino, telah menegaskan wasit boleh menghentikan pertandingan Piala Dunia 2018 apabila terjadi pelecehan rasial. Namun, laga Rusia melawan Prancis tidak dihentikan.

Situasi tersebut membuat wasit yang bertugas, Gediminas Mazeika, menerima kecaman dari berbagai pihak. Namun, FIFA memastikan situasi serupa tidak akan terulang pada Piala Dunia 2018.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker