Tanam Perdana Kebun Aren, Ini Pesan Bupati Rokan Hulu H. Sukiman

Abadikini.com, ROKAN HULU – Bupati Rohul H. Sukiman menyambut baik adanya program penanaman aren di Desa Rokan Timur yang dibangun oleh PT. Mohas Resty Kolaka.

H.Sukiman berharap kepada perusahaan dan masyarakat harus bangun kerja sama dan saling jujur dan saling mempercayai kedua belah pihak.

Kunci keberhasilan suatu kerjasama antara masyarakat dan perusahaan adalah kejujuran, kalau jujur saya yakin masyarakat akan mendapat hasil atas kerja sama itu,harapnya.

Lanjut Pak Sukiman lagi,bahwa pengalaman selama ini kerjasama antara perusahaan dan masyarakat sering saling mengingkari, karena itu kejujuran harus dijaga supaya program perkebunan Aren ini bisa berhasil dan bermanfa’at bagi semua,”tegasnya.

Perwakilan, PT Mohas Resty Kolaka Mahardi, mengaku, bahwa untuk tahap awal penanaman perdana Aren ini akan dilaksanakan seluas 50 Ha, dengan jumlah 10 ribu Bibit,pungkasnya.

Tambah pak Mahardi, Untuk pemanenan, bisa di produksi pada umur 5 -6 tahun ke depan, dengan produksi 15 liter dalam perpohonnya.

Perkebunan aren ini nantinya akan diatur dengan pola KKPA, penanaman nanti juga tidak hanya Aren semata akan tetapi  juga akan ditanam pohon Kelapa,” tuturnya.

Bupati rokan hulu,H Sukiman juga menyebutkan bahwa tidak lama lagi di daerah ini akan dibangun Pabrik Semen untuk memanfaatkan potensi alam yang ada di Wilayah kecamatan Rokan IV Koto ini.

Hal itu dikatakan Sukiman dalam sambutannya saat melakukan penanaman perdana pohon aren di Desa Rokan Timur, kecamatan Rokan IV Koto,Senin (16/4/2018).

Tambahnya,Saya kemaren selama seminggu di Jakarta mencari investor pabrik semen tersebut, alhamdulillah sudah dapat, tinggal kita membicarakan tekhnis kerjasamanya, “terang Pak Sukiman.

Dia juga mengatakan, bahwa investor tersebut dijadwalkan akan datang hari ini Senin (16/4/2018),

“Insya Allah siang ini pengusaha semen itu akan memberikan pemaparan dihadapan pemerintah daerah, ungkapnya.

Pada prinsipnya Pemkab Rohul tidak akan mempersulit, yang  penting kerjasama pembangunan pabrik itu harus sesuai hukum dan tidak berada di areal hutan lindung, tandasnya.

Namun,ungkapnya lagi bahwa infrastruktur jalan di wilayah lokasi pabrik itu harus dibangun bagus dan para pekerjanya harus direkrut dari daerah tempatan, sesuai skill dan kemampuan tenaga kerja tempatan’ terangnya.

Beliau juga minta kepada investor pabrik semen itu nanti untuk membina klub sepak bola PSSI dari Rohul yang tangguh dan  berprestasi di ajang tingkat Nasional, tutupnya.

(ak.R.lubis/E.Nst)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker