Besok, KPU Umumkan Partai Peserta Pemilu 2019

Abadikini.com, JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan mengumumkan parpol peserta Pemilu 2019 pada Sabtu (17/2/2018) besok. Saat ini, KPU sudah menyelesaikan proses verifikasi terhadap 16 parpol calon peserta pemilu.

“Kami akan melakukan penetapan parpol peserta Pemilu 2019 pada Sabtu dalam proses rapat terbuka,” kata Ketua KPU Arief Budiman kepada wartawan di Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Kamis (15/2/2018).

Menurut Arief, seluruh data hasil verifikasi terhadap 16 parpol sudah selesai dikumpulkan, baik dari tingkat kabupaten, kota dan provinsi. Nantinya, kata dia, ada dua kemungkinan dari hasil rapat tersebut, yakni parpol dinyatakan memenuhi syarat atau tidak memenuhi syarat sebagai peserta Pemilu 2019. Bagi parpol yang memenuhi syarat sebagai peserta pemilu, akan menjalani tahapan pengundian nomor urut pada Minggu (18/2/2018) malam.

Sementara itu, bagi parpol yang tidak memenuhi syarat, kata Arief, dapat melakukan sejumlah langkah sebagaimana yang sudah diatur dalam peraturan KPU (KPU) Nomor 11 Tahun 2017 tentang pendaftaran, verifikasi dan penetapan parpol peserta Pemilu 2019.

Sebagaimana diketahui, sebelumnya sebanyak 16 parpol sudah menjalani proses verifikasi di tingkat kepengurusan pusat, kepengurusan provinsi dan kepengurusan kabupaten/kota.

Keenam belas parpol tersebut terdiri dari parpol lama dan parpol baru, yakni Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrat, Partai Hanti Nurani Rakyat (Hanura), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Partai Garuda dan Partai Berkarya. (iwan.ak/ts)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker