JK Akui Akan Ada Reshuffle Kabinet Imbas dari Koalisi Pilpres

Abadikini.com, JAKARTA – Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengakui bakal ada perombakan kabinet kerja pasca pendaftaran pasangan calon presiden dan wakil presiden ke KPU pekan lalu.

JK tak menampik perombakan itu merupakan dampak dari perubahan peta koalisi jelang pemilihan presiden 2019.

“Ya, tentu ada (dampaknya). Kabinet ini, kan, ada hubungannya dengan politik,” ujar JK seperi dikutip dari cnnindonesia, Selasa (14/8/2018).

Kendati demikian, JK enggan merinci lebih jauh terkait rencana perombakan tersebut. JK mengatakan perombakan itu sepenuhnya menjadi kewenangan presiden.

“Tunggu aja. Reshuffle, kan, presiden, bukan wapres,” katanya.

Ia juga menolak berkomentar saat disinggung kemungkinan penggantian Asman Abnur dari jabatannya sebagai Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Asman adalah politikus PAN. Pada pilpres 2019, PAN diketahui memberi dukungan pada pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

JK berpendapat Asman selama ini terbilang baik di kabinet kerja.

“Ya tunggu aja pokoknya. Kalau Pak Asman ya bagus, rapi, tidak jauh dengan Yuddy (Yuddy Chrisnandi,mantan Menpan-RB),” ucap JK.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno sebelumnya telah mengakui kemungkinan perombakan kabinet kerja terkait keputusan PAN yang memilih di luar koalisi Jokowi.

Asman sendiri disebut telah mengajukan izin mengundurkan diri sebagai Menpan-RB. Wakil Ketua Umum PAN Viva Yoga Mauladi menjelaskan bahwa mundurnya Asman berkaitan dengan sikap partai yang mendukung Prabowo-Sandiaga pada pilpres 2019.

“Pak Asman menyatakan mohon izin untuk mengundurkan diri dari kabinet dari pemerintahan Pak Jokowi,” kata Viva di kompleks parlemen, Jakarta.

Yoga berkata ada dua alasan kata Viva yang menyebabkan Asman mundur dari jabatannya. Pertama, Asman disebut tidak mau membebani pemerintah karena PAN berbeda pilihan dengan koalisi Jokowi.

Alasan kedua, lanjut dia, hal ini juga menjadi sebuah pelajaran politik dalam rangka untuk mempertahankan fatsun dan menjaga kesantunan, serta etika politik. Maka, langkah yang diambil Asman adalah mengundurkan diri.

“Bahasanya Pak Asman mohon izin untuk mengundurkan diri,” ujar Viva. (ak.cnn)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker