Inilah Temuan Baru Google Cara Hemat Baterai Perangkat Android

Abadikini.com, JAKARTA – Masalah masa pakai sebuah smartphone kini menjadi sorotan utama para calon pengguna. Hal ini dikarenakan dalam beberapa pengujian, terlihat smartphone tipe baru cenderung lebih boros dibandingkan dengan seri pendahulunya.

Hal ini tidak hanya terjadi di smartphone dengan sistem operasi (OS) tertentu saja. Baik perangkat iOS atau Android mengalami hal yang sama. Meski memiliki baterai yang sedikit lebih besar, namun masa pakai sebuah perangkat malah mengalami penurunan.

Kabar baiknya, beberapa waktu lalu Google mengaku telah mendapatkan solusi untuk mengakali hal ini. Mereka pun memperkenalkan sebuah mode baru di perangkat berbasis Android, yakni ‘Dark Mode’.

Dalam acara Android Dev Summit yang berlangsung beberapa waktu lalu, Google menjelaskan ada beberapa alasan utama bagi mereka untuk meluncurkan mode ini. Satu diantaranya adalah membuat aplikasi lebih mudah terlihat di mata saat menggunakan aplikasi di malam hari.

Ada juga alasan memberi pengguna lebih banyak pilihan dan fleksibilitas dalam hal bagaimana aplikasi terlihat. Tapi, salah satu fitur utama dari mode ini adalah masa pakai baterai yang lebih baik dibandingkan dengan mode biasa, terlebih lagi para pengguna smartphone dengan layar OLED.

Mesin pencari raksasa asal Amerika tersebut memamerkan slide presentasi di mana aplikasi dalam mode gelap dan dalam kecerahan maksimal menarik daya yang jauh lebih sedikit daripada aplikasi yang menggunakan banyak putih dalam desainnya.

Sebenarnya hal ini cukup ironis. Hal ini dikarenakan selama ini, aplikasi Google didominasi oleh warna putih. Meski begitu, mereka tetap berkelit bahwa beberapa aplikasi mereka seperti YouTube dan Android Messages telah mendapatkan opsi untuk mengaktifkan mode gelap.

Faktanya, Google telah mengembangkan fitur ini sedari pengembangan awal Android. Tapi, untuk alasan yang tidak diketahui, Google terus-menerus menunda fitur tersebut, seperti lapor Ubergizmo (12/11).

Sayang, hingga saat ini masih belum diketahui kapan Google akan menggulirkan pembaruan tersebut. Mereka hanya mengatakan saat ini mode tersebut masih dalam masa pengembangan tim internal mereka. (dor.ak/ti)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker