Ali Ibrahim Sebut TPQ Cetak Generasi Insan Qur’ani yang Sholeh dan Sholeha

Abadikini.com, TIDORE – Sebanyak 60 orang Santri dari 17 Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) di wilayah Kecamatan Oba Utara diwisudakan.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH pada kesempatan tersebut menghadiri pelaksanaan wisuda yang sekaligus dirangkaikan dengan peresmian Tribun Lapangan Sepak Bola di Desa Ampera Kecamatan Oba Utara, Kamis (13/9/2018).

Dalam sambutannya, Walikota Ali Ibrahim, mengatakan TPQ sebagai wahana untuk mempelajari membaca Alquran bagi anak menjadi sangatlah penting, sebagai bekal menjadikan Alquran pegangan hidup bagi anak kelak.

“Dengan mendekat kepada Kitab Suci sebagai pedoman hidup diharapkan kita dengan senantiasa mendapat hidayah dalam mengarungi kehidupan,” kata Ali Ibrahim, Kamis (13/9/21018).

Ali Ibrahim menjelaskan, wisuda Santri sebagai  pengakuan kelulusan atas suatu fase pendidikan di TPQ, merupakan langkah strategis, “agar anak-anak kita dapat tumbuh dan berkembang menjadi generasi penerus insan-insan Qur’ani yang sholeh dan sholeha, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, mandiri dan memiliki kepedulian sosial yang tinggi,” ujarnya.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH (tengah) bersama para santri

Menurutnya, Program peningkatan kualitas pendidikan agama dan keagamaan, dewasa ini, merupakan program terpenting dan paling strategis dalam pembangunan agama khususnya dan pembangunan nasional pada umumnya.

Karena kata Ali Ibrahim, Keberhasilan program tersebut akan menjadi barometer baik-buruknya kondisi masyarakat masa kini kini dan masa yang akan datang. Fenomena rendahnya pemahaman dan pengamalan nilai-nilai agama di masyarakat. “Tingginya tingkat prilaku korupsi, makin maraknya prilaku demoral, tingginya kriminalitas serta menguatnya fenomena sekularisasi, deskralisasi, dan pendangkalan ajaran agama sesungguhnya merupakan tugas berat yang harus diemban oleh pendidikan agama,” tuturnya.

Walikota juga mengingatkan kepada para santri akan bahayanya narkoba yang dapat merusak generasi muda. Walikota mengajak kepada seluruh tamu undangan yang hadir agar sama-sama membantu pihak berwajib dalam memberantas narkoba, “narkoba adalah musuh kita bersama, maka wajib hukumnya untuk kita sama-sama berantas demi generasi penerus kita” ajak walikota.

Walikota Tidore Kepulauan, Capt. H. Ali Ibrahim, MH saat meresmikan tribun sepak bola desa ampera

Orang nomor satu di Kota Tidore ini juga mengucapkan syukur atas selesainya Pembangunan Tribun Utama Lapangan Sepak Bola Desa Ampera yang dibangun dengan menggunakan Dana Desa Tahun Anggaran 2018. “Diharapkan pembangunan tribun ini bisa bermanfaat bagi masyarakat Desa Ampera.” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, Walikota juga menyampaikan Selamat Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1440 Hijriyah, 2018 Masehi, kepada seluruh ummat Islam di Kota Tidore Kepulauan, terutama kepada warga masyarakat di Kecamatan Oba Utara.

Sementara dalam laporan Ketua Panitia, mengatakan tujuan pelaksanaan wisuda santri ini untuk melestarikan Al-Qur’an dengan melahirkan generasi-generasi Qurani di tengah-tengah masyarakat, sebagai bahan evaluasi pendidikan  Al-Qur’an di wilayah Oba Utara serta siar islam lewat Al-Qur’an baik internal maupun eksternal.

Turut Hadir Mewakili Kakanwil Kemenag Provinsi Maluku Utara, Ketua MUI Oba Utara, Pimpinan SKPD, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat serta pemuda Desa Ampera. (ak.humas)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker