Pemilu 2019, PPP Tak Ingin Nasibnya Terulang Seperti Partai Pendukung SBY di 2009

Abadikini.com, JAKARTA- Partai Persatuan Pembangunan (PPP) mulai menyiapkan skenario untuk menghadapi Pileg dan Pilpres 2019 yang dilaksanakan secara bersamaan. Salah satunya, dengan mendorong Ketua Umum Romarhumuziy sebagai calon Wakil Presiden mendampingi Joko Widodo (Jokowi).

Menurut Romi, panggilan Romahurmuziy, PPP tak ingin menjadi korban teori ekor jas. Dia mencontohkan, pada Pemilu 2009 banyak partai politik yang mendukung Susilo Bambang Yudhoyono sebagai calon presiden. Namun yang terjadi, seluruh partai pendukung tersebut perolehan suaranya menurun.

“Sementara yang naik hanya partainya pak SBY. Kita tidak ingin itu, makanya partai politik harus mencalonkan ketua umumnya menjadi presiden atau wakil presiden,” jelasnya saat pembukaan Munas Alim Ulama di Hotel Patra Jasa Semarang, Jumat (13/4).

Namun, lanjut Romi, karena PPP hanya mempunyai 39 kursi d DPR, maka harus berkoalisi dengan partai lain. Syarat minimal untuk mencalonkan pasangan presiden dan wakil presiden adalah memiliki 20 persen kursi DPR atau 25 persen suara sah nasional.

“PPP sudah pasti mendukung pak Jokowi. Tapi saat ini ada lima partai yang juga mendukung, soal nama pendamping ini harus dirumuskan bersama,” ujarnya.

Karena pilihan mendukung Jokowi ini, PPP disebut partai semangka, luarnya hijau tapi dalamnya merah. “Jadi, kan tidak bisa serta merta partai Islam koalisi dengan partai Islam, partai nasionalis dengan nasionalis. Jika itu yang terjadi, tidak ada penambahan konstituen. Koalisi itu harus memperbanyak suara,” tegasnya.

Kondisi tersebut, lanjutnya, disebut partner in competition. Yakni bersatu di pemilihan eksekutif tapi bersaing di legislatif. “Ini kondisinya saat ini, PPP harus siap dengan perubahan. Jika adaptasi berjalan baik, maka kita bisa menjadi partai tiga besar di Pemilu 2019,” kata Romi.

Namun sebelum bergerak untuk Pemilu 2019, Romi meminta jajarannya untuk berkonsentrasi menghadapi Pilkada 2018. Dia berharap agar seluruh calon yang diusung PPP mampu meraih kemenangan. (ak/mdk)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker