Tinggalkan JK, Jokowi Bisa Tiru Manuver SBY di Pilpres 2009

Abadikini.com, JAKARTA – Presiden Jokowi diprediksi bakal kembali bertarung di Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Kuatnya wacana tersebut juga membuat banyak kalangan menduga-duga tentang  calon wakil presiden yang pas untuk mendampingi Jokowi.

Pengamat politik Lingkar Madani (Lima) Ray Rangkuti menyarankan, Jokowi sebaiknya memilih sosok pendamping yang merepresentasikan pemilih muda. Jusuf Kalla dinilainya terbilang tua untuk dipilih kembali.

“Kalau masih dengan JK kemungkinan pemilih pemulanya, pemilih milenial jadi enggan (memilih),” imbuh Ray.

Ray berharap Jokowi meniru manuver politik Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saat kembali maju sebagai petahana di Pilpres 2009. Presiden ke-6 RI ini secara mengejutkan menunjuk Budiono sebagai wakil dan mengabaikan calon-calon yang diajukan partai.

Keputusan itu diambil SBY karena ia merasa elektabilitasnya tidak mungkin disusul oleh pesaingnya. Sehingga dia menunjuk Budiono yang notabene seorang ahli ekonomi, sebagai strategi meningkatkan kesejahteraan rakyat di masa jabatan keduanya.

Strategi itu dikatakan dapat ditiru oleh Jokowi, dengan syarat elektabilitasnya telah melampaui pesaingnya.

Jika menerapkan strategi ini, maka nama Rizal Ramli menjadi yang paling potensial mendampingi mantan walikota Surakarta.

“Kalau Pak Jokowi merasa butuh orang yang mendampinginya untuk mendiskusikan ekonomi-ekonomi besar ya Rizal Ramli lebih mungkin seperti, Pak SBY kemarin menunjuk Pak Budiono, ketika dia tahu elektabilitasnya sudah tidak bisa tertandingi, Pak SBY nggak peduli pada wakil partai, dia lebih memilih Pak Budiono,” pungkas Ray.

Rizal Ramli pernah menjabat Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman di masa pemerintahan Jokowi.  Di pemerintahan sebelumnya, Rizal dipercaya menjabat Menteri Keuangan, Menteri Kordinator Bidang Ekonomi, Keuangan dan Industri Indonesia. Dengan latar belakang tersebut maka dapat dipastikan Rizal telah paham betul terkait ekonomi Indonesia. (james.ak/rmol)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker