Lima Paslon Pilkada Tidak Lolos

Abadikini.com, JAKARTA- Dari hasil penetapan pasangan calon kepala daerah di Pilkada Serentak 2018, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mendapatkan  ada lima pasangan calon yang gagal mengikuti tahapan selanjutnya. Lima pasangan itu dinyatakan tidak memenuhi persyaratan.

Total ada 171 pemilihan kepala daerah tahun ini. Mulai pemilihan gubernur, pemilihan wali kota, dan pemilihan bupati. Sampai pendaftaran ditutup, total ada 569 pasangan bakal calon yang mendaftar. Nah, berdasar verifikasi oleh KPU daerah, ada beberapa pasangan yang tidak lolos.

Ketua KPU Arief Budiman menyatakan, penetapan paslon menjadi kewenangan KPU daerah masing-masing. Setelah melakukan penetapan, KPU daerah melaporkan hasilnya kepada KPU. Hingga pukul 23.10 WIB tadi malam, 12 KPU provinsi, 86 KPU kabupaten, dan 30 KPU kota telah menyetorkan hasil penetapan paslon ke KPU RI.

Hasilnya, dari 381 paslon yang masuk data, 376 di antaranya dinyatakan lolos. Sementara, lima paslon dinyatakan tidak lolos. Masing-masing satu paslon gubernur-wagub, tiga paslon bupati-wabup, dan satu paslon wali kota-wawali.

“Data penetapan paslon belum lengkap karena beberapa daerah belum mengirimkan data,” kata Komisioner KPU Ilham Saputra. “Hal itu terjadi karena proses penetapan memang cukup panjang. Sesuai dengan undang-undang, harus dibuatkan berita acara, SK penetapan calon, dan sesuai dengan prosedur,” lanjutnya.

Dua paslon teranyar yang dilaporkan tidak lolos adalah cabup-cawabup asal Kabupaten Katingan. Mereka adalah pasangan Cornelis-Suryadi Husnal Aini dan Nikodemos-Mulyani. Keduanya berangkat dari jalur perseorangan. Dengan tidak lolosnya dua paslon tersebut, pilbup Katingan bakal diikuti oleh tiga paslon.

Pasangan calon lain yang yang tidak memenuhi syarat adalah paslon bupati dan wakil bupati Sumba Tengah Umbu M. Marisi-Tagela Ibi Sola. Kandidat yang diusung Partai Nasdem dan PKS itu terganjal dokumen pencalonan. Lalu ada paslon di pilkada Kota Probolinggo yang tidak lolos, yaitu pasangan Sukirman-Abd. Aziz yang berangkat dari jalur perorangan. Plus satu paslon di Pilgub Sumut JR Saragih-Ance Selian. (ak/jp)

BACA JUGA :  Yusril Pertanyakan Mengenai Peraturan Sipol , Ini Jawaban KPU
Topik Berita

Baca Juga

Kirim Komentar Anda?

Mulai Komentar Sekarang!