PDIP akan Keluar dari Kutukan Juara Bertahan, Gerindra Bakal Pecahkan Rekor

Abadikini.com, JAKARTA – Saat Pemilu Legislatif 2019 nanti, PDIP dan Gerindra diprediksi bakal memecahkan rekor baru sepanjang sejarah pesta demokrasi tanah air.

Untuk PDIP, partai banteng moncong putih ini dinilai akan mencetak sejarah sebagai partai yang menjadi juara pemilu dua kali berturut-turut setelah era reformasi.

“PDIP bakal keluar dari ‘kutukan juara bertahan’ partai-partai pemenang pemilu di era reformasi,” ujar Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfaraby dalam konferensi pers di kantornya, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (12/9/2018).

Sedangkan untuk Gerindra, partai besutan Prabowo Subianto ini dinilai sangat berpotensi menjadi partai pemenang kedua pemilu di luar PDIP dan Partai Golkar.

“Gerindra akan memecahkan rekor. Di mana dalam empat kali pemilu era reformasi, posisi runner up tak pernah diperoleh partai di luar PDIP dan Golkar,” kata Adjie.

Lebih lanjut, Adjie menuturkan, perolehan elektabilitas PDIP menjelang Pileg 2019 adalah sebesar 24,8 persen. Kemudian disusul Gerindra sebesar 13,1 persen, Golkar 11,3 persen, PKB 6,7 persen, Demokrat 5,2 persen, PKS 3,9 persen, dan Nasdem sebesar 2,2 persen.

“Sedangkan untuk Perindo sebesar 1,7 persen, dan PAN dengan peroleh suara 1,4 persen,” imbuh Adjie.

Adapun untuk partai lain semuanya di bawah 1 persen. Sementara pemilih yang belum memutuskan yaitu sebesar 25,2 persen.

Jajak pendapat dengan tema ‘Perubahan Dukungan Partai Menjelang 2019’ itu dilakukan pada tanggal 12 sampai 19 Agustus lalu.

Survei ini melibatkan 1.200 responden yang tersebar di 33 provinsi di Indonesia. Mereka dipilih dengan menggunakan metode multistage random sampling.

Adapun pengambilan sampel dilakukan tatap muka dengan menggunakan kuisioner. Sedangkan margin of error berada di angka kurang lebih 2,9 persen. (ak/rmol)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker