6 Fakta Usai Kroasia Pupuskan Mimpi Inggris Lolos ke Final Piala Dunia

Abadikini.com, MOSKOW – Timnas Kroasia membuat sejarah di Piala Dunia 2018. Tim yang diarsiteki Zlatko Dalic untuk pertama kalinya lolos ke partai puncak pesta paling akbar sepak bola dunia tersebut.

Vatreni, julukan Kroasia, lolos ke final Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan Inggris 2-1 melalui perpanjangan waktu pada laga semifinal Piala Dunia 2018 di Stadion Luzhniki, Moskow, Rabu (11/7/2018) atau Kamis (12/7/2018) dini hari WIB. Di final, Kroasia akan bersua Prancis.

Luka Modric dan kawan-kawan melangkah ke final setelah secara luar biasa membalikkan keadaan melawan The Three Lions pada babak perpanjangan waktu.

Di laga ini, Inggris berhasil unggul lebih dahulu melalui tendangan bebas, Kieran Trippier, pada menit kelima. Skor 1-0 untuk keunggulan Inggris bertahan hingga babak pertama usai.

Di babak kedua, Kroasia menyamakan skor menjadi 1-1 melalui gol yang dijaringkan Ivan Perisic pada menit ke-68. Gol Perisic tercipta setelah menerima umpan Sime Vrsaljko.

Skor 1-1 selama 90 menit memaksa pertandingan berlanjut ke perpanjangan waktu. Di babak tambahan ini, Kroasia berbalik unggul 2-1 berkat gol yang dicetak Mario Mandzukic pada menit ke-109 dan bertahan hingga laga berakhir.

Berikut enam fakta menarik setelah duel sengit Kroasia melawan Inggris:

Fakta Menarik Kroasia Vs Inggris

1. Gol Kieran Trippier dari tendangan bebas merupakan gol kesembilan timnas Inggris yang tercipta melalui set-pieces di Piala Dunia 2018. Jumlah gol dari set-pieces ini merupakan yang terbanyak bagi sebuah tim sejak Piala Dunia 1966.

2. Kieran Trippier merupakan pemain timnas Inggris kedua yang mencetak gol melalui tendangan bebas di Piala Dunia (sejak 1966). Trippier mengikuti jejak David Beckham yang mencetak masing-masing satu gol melalui tendangan bebas di Piala Dunia 1998 dan 2006.

3. Gol ke gawang Inggris menjadi yang keempat bagi Ivan Perisic bersama Kroasia selama berpartisipasi di Piala Dunia. Ia hanya terpaut dua gol dari pencetak gol terbanyak timnas Kroasia di Piala Dunia, yaitu Davor Suker.

4. Kroasia menjadi tim pertama di Piala Dunia 2018 yang lolos ke babak berikutnya setelah melalui tiga pertandingan yang melewati perpanjangan waktu.

5. Kroasia menjadi tim pertama di Piala Dunia yang selalu terhindar dari kekalahan setelah tertinggal lebih dahulu dalam tiga laga di fase gugur.

6. Kroasia menjadi tim ke-13 yang berhasil lolos ke final Piala Dunia dan menjadi tim ke-10 dari Eropa yang melangkah ke partai puncak.

Sumber: Bola.com

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker