Inggris Dukung Israel Serang Iran, Demi Melawan Agresi

Abadikini.coom- Perdana Menteri Inggris Theresa May mendukung Israel menyerang Iran setelah Teheran dituding menembakkan sejumlah roket di daerah pendudukan Dataran Tinggi Golan melalui Suriah. Kabar tersebut disampaikan kantor berita Turki, Anadolu.

“Kami mendukung sepenuhnya hak Israel melawan agresi Iran,” kata May kepada Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, melalui percakapan telepon sebagaimana dinyatakan pemerintah.

“May juga meminta Iran menahan diri untuk tidak melakukan serangan balasan dan menjaga ketenangan,” ujar pejabat Israel yang tak bersedia disebutkan namanya seperti dikutip Middle East Monitor, Jumat, 11 Mei 2018.

Selain Inggris, Bahrain yang menjadi sekutu dekat Amerika Serikat di Timur Tengah, memberikan dukungan terhadap Israel membela diri atas serangan Iran.

Dalam pembicaraan melalui kawat telepon itu, May dan Netanyahu sepakat melanjutkan hubungan kerja sama dengan komunitas internasional melawan aktivitas Iran yang dianggap membayakan stabilitas di kawasan.

“Kedua pemimpin negara itu juga meminta Rusia menggunakan pengaruhnya di Suriah guna mencegah serangan Iran lebih lanjut.”

Angkatan Bersenjata Israel mengklaim pasukan Iran di Suriah telah menembakkan 20 roket ke daerah pendudukan yang dikuasainya di Dataran Tinggi Golan pada Rabu, 9 Mei 2018. Tetapi semua serangan tersebut berhasil dicegat oleh sistem pertahanan udara Israel, Iron Dome.

Sebaliknya, Israel mengaku membalas serangan tersebut dengan serangan jet terhadap 50 fasilitas militer Iran di wilayah Suriah.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker