Walikota Tidore Kepulauan Ali Ibrahim Pimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan

abadikini.com, TIDORE – Peringatan Hari Pahlawan di Kota Tidore Kepulauan berlangsung sederhana dan khidmat. Upacara yang dilaksanakan setiap tanggal 10 November ini dipimpin langsung oleh Walikota Capt. H. Ali Ibrahim yang dipusatkan di Halaman Kantor Walikota, Jum’at (10/11/2017).

Suasana khidmat semakin memuncak ketika Inspektur Upacara mengajak seluruh peserta upacara untuk mengheningkan cipta selama 60 detik dan ditandai dengan suara sirine

Upacara yang mengusung tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri” ini dihadiri oleh Forkompimda, pimpinan SKPD lingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, unsur TNI-Polri, para siswa, mahasiswa serta karyawan dan karyawati lingkup Kota Tidore Kepulauan.

Menteri sosial RI, Khofifah Indar Parawansa dalam sambutannya
yang dibacakan Walikota Capt. H. Ali Ibrahim menyampaikan bahwa para pendiri bangsa telah menitipkan pesan penting kepada kita, pesan itu adalah setelah kemerdekaan diraih maka tahapan selanjutnya kita harus bersatu terlebih dahulu untuk bisa memasuki tahapan bernegara selanjutnya yaitu berdaulat, adil dan makmur. Oleh karena pesan fundamental itulah maka peringatan Hari Pahlawan 10 November tahun 2017 mengambil tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”.

“Apabila kita mampu bersatu sebagai satu bangsa maka kita dapat maju bersama-sama dan mendistribusikan berkah kemerdekaan bagi seluruh masyarakat Indonesia,” ujar Ali Ibrahim saat membacakan pesan Menteri Sosial.

Khofifah menjelaskan, pertempuran 10 November 1945 yang menjadi dasar peringatan Hari Pahlawan betapa segenap rakyat Indonesia dari berbagai suku/ras agama. “Budaya dan partikularisme golongan, bersama-sama melebur menjadi satu untuk berikrar, bergerak dan menyerahkan hidupnya, jiwa raganya untuk kemerdekaan Indonesia,” pungkasnya.

Bertindak selaku Komandan Upacara, Kasat Sabhara Polres Tidore, Iptu Ridwan Usman, Perwira Upacara, Pasi Personalia Kodim 1505 Tidore, Kapten (Inf) Yusuf Kadmaer, Pembaca Teks Pembukaan UUD 1945 Assisten Setda Bidang Ekonomi dan Kesra, Muhammad Yasin petugas pengibar bendera dari Purna Paskibraka yakniRiski Ahmad, M. Wildan, dan Arisandi Nurdin; Korsik dari Madrasah Aliyah Mareku dan bertindak sebagai pembaca doa Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Tidore H. Sarbin Sehe.

Walikota Tidore Kepulauan Capt H Ali Ibrahim saat memimpin upacara tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional Sultan Nuku, Jumat (10/11/2017).

Upacara peringatan Hari Pahlawan ini ditutup dengan acara tabur bunga ditiga titik berbeda yakni di Taman Makam Pahlawan yang dipimpin Wakil Ketua I DPRD Kota Tidore Kepulauan, Ahmad Laiman, di Makam Pahlawan Nasional Sultan Nuku dipimpin Walikota Capt. H. Ali Ibrahim, dan di Pelabuhan Trikora Gotoyang dipimpin Ketua Pengadilan Negeri Soasio, Ibu Martha Maitimu, SH. (g.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker