Kota-Kota Tujuan Wisata Para Penggemar Sejarah di Dunia

Abadikini.com – KOTA tua dengan goresan jutaan sejarah yang dimiliki tentu saja menyimpan begitu banyak destinasi menakjubkan. Bangunan dan peninggalan unik seakan tak habis-habisnya untuk dijelajahi dan menjadi destinasi bagi wisatawan khususnya mereka penggemar sejarah. Berikut deretan kota-kota yang bisa menjadi tujuan wisata sejarah di dunia.

  1. Roma, Italia
    Roma adalah surga bagi penggemar sejarah. Di Roma terdapat peninggal Romawi, salah satu kerajaan terbesar dan paling berpengaruh sepanjang sejarah. Peninggalan itu antara lain dari Colosseum ke Roman Forum, Arch of Constantine dan Arch of Titus, Pantheon dan Castel Sant’Angelo. Jika Anda memiliki sedikit minat dalam sejarah, Roma bukan tujuan wisata yang bagus.
  2. Athena, Yunani
    Dikenal sebagai tempat lahir peradaban Barat dan tempat kelahiran demokrasi, Athena memiliki catatan sejarah lebih dari 3.400 tahun. Di zaman Yunani Kuno, Athena adalah pusat kota. Kota ini adalah pusat seni, filsafat, dan pengetahuan manusia. Athena adalah rumah bagi dua filsuf besar Plato dan Aristoteles. Di kota ini ada Acropolis Athena, situs warisan UNESCO dan salah satu monumen paling terkenal di Eropa.
  3. Yerusalem, Israel
    Dengan sejarahnya yang melampaui lebih dari 3.500 tahun, Yerusalem adalah salah satu tempat paling suci di dunia untuk agama Kristen, Yahudi dan Islam. Kota yang memesona ini adalah rumah bagi Raja Daud dan Raja Salomo, di situlah perjamuan terakhir diadakan dimana Yesus berjalan menuju penyalibannya (Via Dolorosa), dan Yerusalem juga dikunjungi oleh Nabi Muhammad SAW.
  4. Pompeii, Italia
    Kisah Pompeii tidak sepanjang sejarah Roma atau Yerusalem, tapi terkenal dengan peminat sejarah. Pada 79 M gunung Vesuvius meletus. Vesuvius, yang saat ini masih merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di dunia, mengubur kota-kota Herculaneum dan Pompeii. Pada abad ke-18 mereka ditemukan kembali saat penggalian, dan hari ini Pompeii berkembang sebagai tujuan wisata sejarah berupa kota masa lalu berusia hampir 2.000 tahun.
  5. Machu Pecchu, Peru
    Machu Picchu juga dikenal sebagai “Kota Hilang” adalah situs Suku Inca paling terkenal di dunia. Ini adalah situs abad ke-15 yang terletak di gunung berketinggian 2.430 meter (7.970 kaki) di atas permukaan laut, sekitar 80 km (50 mil) barat laut Cusco. Arkeolog percaya bahwa Machu Picchu dibangun sebagai perkebunan bagi kaisar Inca Pachacuti.
  6. Kairo, Mesir
    Jika ingin mempelajari sejarah Mesir kuno maka hal itu terlihat jelas di Kairo. Di kota ini berdiri Piramid Giza, yang pernah menjadi bangunan tertinggi di dunia dan Sphinx Agung. Bangunan ini diperkirakan berusia dari 4.500 tahun lalu
  7. Beijing, China
    Beijing memiliki sejarah panjang lebih dari 3.000 tahun. Berjalan di jalanan kota hari ini, Anda bisa melihat sisa-sisa peninggalan kekaisan besar yang pernah berkuasa di China. Di antara peninggalan sejarah itu antara lain “Kota Terlarang” yang dikelilingi oleh dinding dan parit, Makam Ming, dan Tembok Besar China (salah satu prestasi teknik terbesar manusia dan juga dinding paling terkenal di dunia), yang semuanya sangat terpelihara dengan baik.
  8. Petra, Yordania
    Petra adalah kota hilang yang baru ditemukan kembali oleh dunia Barat pada 1812. Petra adalah ibu kota kuno kerajaan Nabatea. Sebuah kota diukir di batu, ke sisi Wadi Musa. Kota ini diperkirakan didirikan pada awal tahun 312 SM dan berkembang untuk waktu lama karena merupakan persimpangan penting untuk rute sutra dan rempah-rempah yang menghubungkan Timur dan Barat. Kota ini mengalami kemunduran dan akhirnya ditinggalkan pada abad ke-6.
  9. Teotihuacan, Meksiko
    Teotihuacan adalah situs arkeologi di dekat Mexico City. Kota ini penuh dengan piramida dan memiliki luas sekitar 20 km persegi (8 sq mil). Ini adalah pusat kota besar dan rumah bagi 100.000 orang. Kota ini hancur dan ditinggalkan sekitar 1.400 tahun lalu, namun berabad-abad setelah dilupakan kota ini diambil alih oleh Suku Aztec. Tidak jelas siapa yang membangun kembali kota misterius itu.
  10. Berlin, Jerman
    Jika Anda tertarik dengan sejarah abad ke-20, Berlin adalah tempat tepat untuk mempelajarinya. Peringatan Holocaust, museum Yahudi, Tembok Berlin, Checkpoint Charlie, Penjara Stasi Berlin dan museum, gedung parlemen Reichstag -semuanya ada di Berlin. Selain sederet tempat-tempat bersejarah itu juga ada Vila Wannsee, di mana Konferensi Wannsee berlangsung pada 1942, serta istana kerajaan Sanssouci di Potsdam.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker