Prabowo: Maaf dengan Segala Hormat, Bangsa ini Hidup dari Utang

Abadikini.com, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto kembali mengkritik pemerintah, salah satunya masalah utang Indonesia.

“Maaf dengan segala hormat, bangsa ini, negara ini, hidupnya dari utang,” kata Prabowo di hadapan ribuan purnawirawan Kopassus di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Sabtu (7/7/2018).

Menurut Prabowo, Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya. Namun, Indonesia hidup dari utang pihak asing.

Prabowo juga mengkritik elite politik yang selalu mengucapkan kata manis dan tidak mau mengakui bahwa Indonesia harus berutang untuk membayar utang sebelumnya.

“Banyak elite tidak mengakui. Bilangnya utang biasa,” ujarnya.

Prabowo juga menyoroti masalah pelemahan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Dia membandingkan pada 2013 lalu di mana nilai tukar rupiah berada pada angka Rp 9.000 per dolar AS.

Namun, kini di tahun 2018, nilai tukar rupiah berada di atas Rp 14 ribu. Itu artinya, menurut Prabowo, dalam waktu lima tahun masyarakat bertambah miskin 50 persen.

“Penghasilan kita setengahnya tidak ada nilainya. Misal pensiun Letjen Rp 4,5 juta, daya belinya cuma Rp 2,5 juta,” ucap Prabowo.

Ini bukan pertama kalinya Prabowo menyinggung utang luar negeri Indonesia. Beberapa waktu lalu, Prabowo mengatakan bahwa kondisi utang Indonesia sudah membahayakan, jumlahnya sampai Rp 9.000 triliun. (ak.trb)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker