Edward Snowden Ungkap Peran Intelijen Israel soal Khashoggi

Abadikini.com – Whistleblower ‘peniup pluit’ dan mantan anggota Badan Intelijen AS Edward Snowden angkat bicara mengenai peran badan intelijen siber Israel atau NSO dalam pengungkapan jejak Khashoggi setelah jurnalis asal Saudi itu memasuki Konsulat Saudi di Istanbul, Turki.

Diketahui bahwa awalnya Saudi tak mengakui bahwa Khashoggi telah tewas dibunuh, namun akhirnya dua pekan setelahnya menyebut jurnalis itu terbunuh dalam perkelahian di Konsulat Saudi meski pernyataan tersebut meragukan banyak pihak dan tak punya dasar yang kuat.

Dikutip dari laman Sputniknews, Snowden mengatakan bahwa peran NSO sangat vital dalam mengungkap alat digital yang bisa mendapatkan jejak terakhir Khashoggi. Snowden menjelaskan hal itu melalui video conference dari sebuah lokasi di Rusia yang sengaja dikaburkan letaknya dalam acara yang diadakan oleh perusahaan strategi, komunikasi dan finansial berbasis di Tel Aviv.

Khashoggi diketahui terakhir kali terlihat saat memasuki Konsulat Saudi di istanbul, Turki. Hingga akhirnya Turki menyebutkan bahwa mereka memiliki bukti rekaman suara bahwa Khashoggi dihabisi oleh orang dalam Putra Mahkota Saudi, Pangeran Mohamad bin Salman.

Diketahui bahwa sejumlah orang penting dan pejabat di Saudi disebutkan sudah ditahan atas kasus ini. (ak.viva)

  • 5
    Shares
Topik Berita

Baca Juga