Berikut Daftar Nama Cagub/Cagawub yang Berpeluang Besar untuk Bertarung pada Pilkada Serentak 2018

abadikini.com, JAKARTA – Pendaftaran Pilkada Serentak 2018 akan dibuka esok hari Senin (8/1/2017). Di tahun 2018 ini ada 17 provinsi yang menggelar pilgub.

Seperti diberitakan berbagai media massa di sejumlah provinsi tersebut sudah memiliki jagoan masing-masing.

Adapun waktu Pendaftaran cagub/cawagub selama tiga hari dari 8-10 Januari 2018 ini.

Berikut cagub/cawagub untuk Pilkada 2018 hingga H-1 pendaftaran:

Jawa Barat
Empat nama cagub/cawagub sudah dipastikan maju ke Pilgub Jabar. Mereka adalah Sudrajat-Ahmad Syaikhu (diusung PKS, PAN, Gerindra), Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (Partai Demokrat dan Golkar), Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (PDIP), dan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (NasDem, PPP, Hanura, PKB).

Jawa Timur
Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak sudah mendapatkan tiket dengan diusung Golkar, NasDem, dan Partai Demokrat. Sementara itu, Saifullah Yusuf (Gus Ipul) sudah diusung PDIP-PKB dan nama cawagub belum bisa dipastikan seiring dengan mundurnya Abdullah Azwar Anas.

Jawa Tengah
Sudirman Said dipastikan maju ke Pilgub Jateng (diusung PKS, PAN, Gerindra). Nama cawagub untuk Sudirman belum ditentukan. Sementara itu, PDIP mengusung inkumben Ganjar Pranowo dan menggandeng putra KH Maimoen Zubair, Taj Yasin atau akrab disapa Gus Yasin. Ganjar-Gus Yasin juga diusung PPP, NasDem, dan Demokrat.

Sulawesi Selatan
Tiga cagub/cawagub bakal berlaga di Sulsel. Mereka adalah Nurdin Halid-Qahhar Mudzakkar, Nurdin Abdullah-Sudirman Sulaiman, dan Ichsan Yasin Limpo-Andi Mudzakkar. Meski merupakan calon independen, Ichsan Yasin Limpo mendapat dukungan dari Partai Demokrat.

Sulawesi Tenggara
Pasangan Asrun dan Hugua sudah mendapatkan dukungan dari PDIP maju Pilgub Sultra. Sementara itu, Rusda Mahmud-Sjafei Kahar diusung oleh PPP, PKB, dan Demokrat

Sumatera Selatan
Pilgub Sumsel diramaikan oleh pasangan Herman Deru-Mawardi Yahya (PAN, NasDem, Hanura), Ishak Mekki-Yudha Pratomo Mahyuddin (PD, PPP, PBB), Dodi Reza Alex Noerdin-Giri Ramanda Kiemas (Golkar, PDIP, PKB). Ada pula Aswari yang diusung PKS-Gerindra serta disebut-sebut akan menggandeng Irwansyah.

Sumatera Utara
Pilgub Sumut diramaikan oleh 3 pasangan. Mereka adalah Letjen Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah(diusung PKS, PAN, Gerindra, NasDem, dan Golkar), Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (PDIP), serta JR Saragih-Ance Selian (Demokrat, PKB, PKPI).

Bali
Dua pasang cagub/cawagub akan bertarung di Pulau Dewata. Mereka adalah Wayan Koster-Tjokorda Oka Artha Ardhana Sikawati dan Ida Bagus Rai Dharmawijaya Mantra-I Ketut Sudikerta.

Riau
Pasangan Syamsuar-Brigjen TNI Edy Nasution mendapat tiket maju pilgub. Mereka diusung NasDem-PKS-PAN. Lukman Edy juga berpeluang maju Pilgub Riau (sejauh ini diusung PKB). Ada pula Firdaus-Rusli Effendi yang diusung PD dan PPP.

Lampung
Herman Hasanusi dan Sutono mendapatkan dukungan dari PDIP maju Pilgub Lampung. Sementara itu, M. Rido Ficardo-Helmi Hasan diusung oleh koalisi PD, PAN, Gerindra, dan PPP.

Papua
Lukas Enembe-Klemen Timal hampir pasti maju Pilgub Papua setelah diusung Partai Demokrat, Golkar, NasDem, Hanura, PAN, PKB, PKS, PKP, PPP, dan PBB. Sedangkan John Wempi Wetipo-Habel Melkias Suwae baru mendapat dukungan dari PDIP.

Maluku
Murad Ismail-Barnabas N Orno diusung oleh PDIP, PKB, dan NasDem. Sementara itu, Said Assagaf-Anderias Rentanubu diusung oleh Demokrat, Golkar, dan PKS.

Maluku Utara
Ahmad Hidayat Mus-Rivai Umar mendapatkan dukungan dari PPP-Golkar. Sementara itu, Abdul Ghani Kasuba-Yasin Ali diusung PDIP. Ada pula Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin mendapat dukungan dari NasDem dan Demokrat. PBB, HANURA, PKPI dan PKB disebut juga mengusung Burhan Abdurahman-Ishak Jamaluddin.

Nusa Tenggara Barat (NTB)
Untuk NTB, pasangan Zulkieflimansyah-Sitti Rohmi mendapatkan tiket setelah diusung Partai Demokrat-PKS-PAN-Gerindra. Di lain pihak, ada Tuan Guru Haji Ahyar Abduh-Mori Hanafi yang baru diusung PDIP.

Nusa Tenggara Timur (NTT)
Wakil Ketua Komisi III DPR Benny K Harman akan maju ke Pilgub NTT setelah diusung Partai Demokrat, PKS, PAN, dan Gerindra. Benny diprediksi bertarung dengan Viktor Laiskodat yang diusung NasDem-Golkar.

Kalimantan Barat
Karolin Margret Natassa menggandeng Suryadman Gidot di Pilgub Kalbar dan diusung PDIP dan Demokrat. Demokrat menyebut Gerindra dan PKPI juga mengusung pasangan itu.

Kalimantan Timur
Kapolda Kalimantan Timur Irjen Safaruddin diusung oleh PDIP Pilgub Kaltim. Sementara itu, Demokrat menggandeng Nasdem dan PPP untuk mengusung Syaharie Ja’ang dan Awang Ferdian. (leo.ak/lp)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker