Pengamat: Tak ada Jaminan Jokowi dan Prabowo Menang Kalau Pilpres Jujur Adil

Abadikini.com, JAKARTA – Status bakal capres petahana yang disandang Joko Widodo sama sekali tidak menjamin ia dengan pasangannya, Ma’ruf Amin akan menang dalam ajang Pilpres 2019 nanti.

Peneliti politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Siti Zuhro mengatakan, Jokowi bisa saja bernasib seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, yang tak bisa melanjutkan kepemimpinan di Provinsi Jakarta pada periode kedua.

“Tidak ada jaminan sama sekali petahana itu menang. Seperti itu juga yang saya katakan Ahok, tidak ada jaminan,” katanya usai acara Sarasehan Kebangsaan dengan topik “Membangun Demokrasi Beradab” di Jalan Brawijaya VIII, Jakarta Selatan, Kamis (6/9/2018).

Teori tersebut menurut dia hanya berlaku jika kontestasi pilpres berlangsung secara bebas, jujur dan adil. Sebaliknya, teori tersebut tak akan berlaku jika ada kecurangan massif yang dilakukan oleh petahana.

Lebih lanjut Siti Zuhro mengingatkan, agar kubu petahana tak boleh sekalipun mencurangi kubu lawan. Karena jika itu terjadi, diyakininya kekacauan di negeri ini pun bisa saja terjadi.

“Jadi tidak boleh ada kecurangan yang massif. Karena akan memberikan peluang terjadinya chaos, itu saja,” katanya memperingatkan.

Hal yang sama terjadi pada kubu lawan petahana. Bukan berarti pula pesta rakyat lima tahunan yang berlangsung secara aman, jujur, dan adil akan membawa kemenangan bagi mereka.

“Tidak ada juga yang menjamin Prabowo-Sandi juga menang kontestasi kan. Seperti itu, jadi fair menurut saya,” pungkasnya. (ak/rmol)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker