Mural Piala Dunia Setinggi 12 Meter Menuai Kemarahan Publik di Rusia

Abadikini.com – Perhelatan piala dunia 2018 tengah berlangsung di Russia telah menarik perhatian masyarakat dunia. Bukan hanya soal sepak bola, lokasi perhelatan yakni Russia pun menjadi sorotan masyarakat dunia. 

Maka tidak heran, jika Russia memanfaatkan momentum tersebut untuk bisa menarik masyarakat dunia. Salah satu hal yang cukup menarik perhatian adalah mural setinggi 12 meter bergambar seorang wanita Rusia. 

Dilansir dari laman Channel News Asia, model wanita dalam mural tersebut diketahui bernama Daria, istri Direktur Utama Novatek Art, sebuah biro iklan di Russia, Ivan Panteleev. 

“Memang benar bahwa model untuk lukisan ini adalah istri saya,” kata Panteleev. 

Panteleev kepada Reuters menyebut bahwa seluruh biaya pembuatan mural di distrik Zhulebino berasal dari anggaran kota Moskow. Ini adalah salah satu dari empat mural Piala Dunia yang disponsori oleh komite hubungan masyarakat kota.

Dia menambahkan bahwa untuk lukisan besar seperti itu seniman perlu bergantung pada sebuah foto dan dalam hal ini modelnya adalah istrinya.

Dalam mural tersebut terlihat Daria tengah memegang sebuah bola dengan latar belakang langit biru yang cerah dengan karikatur burung yang terbang di sekitarnya.

“Ini mural tempat kami menyambut semua orang asing ke Rusia, dan mengundang mereka datang ke pertandingan sepak bola!” tulis Novatek Art dalam deskripsi gambar di media sosial.

Mural tersebut pun berhasil mengundang kemarahan publik, terutama di kalangan komunitas seni jalanan Russia. Seniman menilai Ivan memanfaatkan jabatan untuk meminta seniman melukis istrinya.

“Dalam hal ini – kita pasti cemburu. Bukankah kita semua berharap kita memiliki suami seperti itu, kan?”  kata Direktur galeri Anna Nistratova menulis dalam posting sarkastik di halaman Facebook-nya.

Melihat hal tersebut, Daria Panteleeva pun membela sang suami mengenai potretnya.

“Jika seorang artis atau organisator ditugaskan untuk melukis seorang ‘wanita Rusia berambut pirang dengan bola’ … mengapa ada yang peduli jika artis itu melukis seorang wanita yang mereka kenal atau orang asing?” Panteleeva membalas posting media sosial publik.

  • 6
    Shares
Topik Berita

Baca Juga