Apple Tidak Gunakan Modem Intel untuk iPhone 2020?

Abadikini.com, JAKARTA – Apple mungkin tidak akan menggunakan modem buatan Intel di iPhone yang mereka rilis di masa depan.

Menurut laporan Calcalist, peruahaan asal Cupertino itu telah memberitahukan Intel bahwa mereka tidak akan menggunakan modem 5G Intel pada iPhone yang dirilis pada 2020.

Ini mendorong Intel untuk berhenti mengembangkan modem 5G — yang memiliki nama kode Sunny Peak — mengingat Apple diperkirakan akan menjadi pembeli utama dari modem tersebut.

Sebagai gantinya, Intel dikabarkan akan fokus untuk memperbaiki kualitas modem buatan mereka dengan harapan Apple akan menggunakan modem 5G mereka di iPhone yang dirilis pada 2022.

“Hubungan Intel dengan pelanggan 5G dan rencana kami tidak berubah sepanjang tahun 2018 sampai 2020. Kami tetap berkomitmen pada rencana dan proyek 5G kami,” kata juru bicara Intel pada The Verge.

Namun, pernyataan ini tidak menutup kemungkinan bahwa Apple akan berhenti menggunakan modem Intel setelah 2020.

Kabar ini diperkuat oleh beberapa laporan sebelum ini. Pada akhir bulan, Bloomberg melaporkan bahwa analis Northland, Gus Richard mengklaim bahwa Apple akan menggunakan modem buatan MediaTek sebagai pengganti modem Intel.

Selain itu, Apple juga dikabarkan akan berhenti menggunakan modem Intel dalam produk Mac untuk 2020.

Berdasarkan catatan yang dibuat oleh analis KGI Ming-Chi Kuo pada Februari, Apple terlalu menggantungkan diri pada modem Intel tahun ini dalam rangka untuk mengurangi ketergantungan mereka pada Qualcomm. Muncul pertanyaan modem siapa yang akan Apple gunakan. 

Ada kemungkinan, Apple sudah akan memperbaiki hubungannya yang memburuk dengan Qualcomm pada 2020.

Kemungkinan lainnya adalah mereka akan menggunakan modem buatan perusahaan lain seperti MediaTek. Selain itu, Apple juga mungkin memutuskan untuk membuat modem sendiri. (ak.mtr)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker