Microsoft: Teknologi Digital Pengaruhi Produktivitas Pekerja

Abadikini.com, JAKARTA- Para ekonom telah bingung dalam beberapa tahun terakhir oleh apa yang disebut ‘paradoks produktivitas,’ fakta bahwa revolusi digital dalam empat dekade terakhir tidak menghasilkan keuntungan besar dalam output per pekerja seperti yang terjadi pada pergolakan teknologi sebelumnya. Banyak negara maju yang benar-benar melihat produktivitas stagnan atau menurun.

Sebuah survei dari Microsoft Corp. memperkuat satu teori tentang pemutusan ini. Dalam sebuah jajak pendapat terhadap 20 ribu pekerja Eropa yang dirilis pada hari Senin (5/2), Microsoft, yang menjadi salah satu perusahaan paling menguntungkan di dunia dengan memasarkan perangkat lunak produktivitas kantor, mengakui teknologi digital baru dapat, dalam beberapa keadaan, terkadang tidak menyebabkan peningkatan produktivitas dan menghasilkan lebih sedikit keterlibatan karyawan dengan pekerjaan mereka.

Dilansir di Bloomberg, Selasa (6/2) disebutkan, Redmond, Microsoft yang berbasis di Washington bergabung dengan sejumlah perusahaan Silicon Valley terkemuka dan pengusaha yang mulai mempertanyakan manfaat sosial dari teknologi yang pernah mereka jagokan. Facebook Inc. memperingatkan pada bulan Desember bahwa jaringan sosialnya mungkin, dalam beberapa kasus, menyebabkan bahaya psikologis.

Microsoft mengidentifikasi sejumlah contoh di mana teknologi dapat menjadi hambatan pada produktivitas. Termasuk pekerja yang terlalu terganggu oleh masuknya e-mail yang terus-menerus, pesan Slack, pemberitahuan Trello, teks, Tweet – belum lagi video kucing yang viral – untuk berkonsentrasi untuk periode yang berkelanjutan.

Selanjutnya, pekerja yang tidak terlatih untuk menggunakan teknologi baru secara efektif; teknologi yang tidak didukung secara memadai oleh bisnis, memaksa pekerja kehilangan waktu karena “komputernya rusak;” dan pekerja yang menderita kelelahan karena, dengan perangkat seluler dan di rumah, mereka merasa terikat dengan pekerjaan di sepanjang waktu. Tentu saja, Microsoft tidak mengatakan bahwa teknologi meredam produktivitas dalam semua kasus.

Sebaliknya, dikatakan bahwa dampak teknologi sangat bergantung pada budaya bisnis. Mereka yang memiliki ‘budaya digital yang kuat’ melihat keuntungan produktivitas dari teknologi, sementara yang menggunakan Microsoft disebut ‘budaya digital lemah’ tidak melihat keuntungan produktivitas dari teknologi.

Microsoft mendefinisikan perusahaan dengan budaya digital yang kuat seperti di mana karyawan memiliki pelatihan yang tepat dalam teknologi baru, akses terhadap informasi, manajer yang mempromosikan adopsi teknologi baru, dan di mana para eksekutif menyampaikan kepada karyawan rasa yang jelas tentang bagaimana teknologi sesuai dengan visi strategis perusahaan. Dalam bisnis semacam itu, sekitar 22 persen karyawan melaporkan merasa sangat produktif dan hanya sekitar 5 persen yang melaporkan merasa tidak produktif, dibandingkan dengan hanya 12 persen yang melaporkan bahwa mereka sangat produktif dan 21 persen merasa tidak produktif di perusahaan yang dianggap memiliki budaya digital yang lemah.

Penulis penelitian mencatat bahwa bahkan 22 persen melaporkan produktivitas tinggi ‘menunjukkan masih ada lebih banyak pekerjaan yang dapat dilakukan untuk membantu setiap karyawan melakukan pekerjaan terbaik mereka.’ Survei tersebut juga menemukan bahwa budaya digital memiliki dampak besar pada bagaimana teknologi baru mengubah perasaan keterlibatan karyawan dengan pekerjaan mereka.

Dalam bisnis dengan budaya digital yang kuat, penggunaan teknologi yang meningkat juga mendorong semangat dan fokus karyawan. Tapi, di perusahaan dengan budaya digital yang lemah, efeknya berlawanan: semakin banyak teknologi yang digunakan perusahaan, semakin sedikit pekerja yang terikat.

Dalam sebuah pengantar untuk studi tersebut, Michel van der Bel, presiden Microsoft untuk Eropa, Timur Tengah dan Afrika, mengatakan bahwa bisnis harus melihat adopsi teknologi digital baru sebagai ‘perjalanan orang’ dan bukan hanya ‘latihan TI’. (ak/rep)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker