ProtonMail Solusi Pengganti Gmail

Abadikini – Baru-baru ini terungkap isi surel di Gmail bisa dibaca oleh pengembang pihak ketiga. Pasalnya hal ini diperbolehkan oleh aturan askses di Gmail. Hal ini mencederai kepercayaan privasi dan keamaan lebih dari satu miliar pengguna Gmail diseluruh dunia.

Layanan surel ProtonMail yang dinilai banyak pihak sangat aman bisa dijadikan alternatif. Layanan e-mail ini mendapat peringkat terbaik dalam layanan e-mail teraman. Protonmail memiliki enkripsi berlapis yang akan menghentikan siapapun untuk mengakses isi surel tanpa izin dari empunya akun surel.

Layanan surel asa Swedia ini bisa digunakan di berbagai komputer maupun ponsel. Bahkan, isi surel tidak dapat direcover ketika pengguna lupa kata kunci. Layanan surel ini akan dekrispsi isi surel anda ketika melakukan log in. Jadi aplikasi pengembang ketiga tidak dapat mengakses isi surel anda tanpa mengetahui kata kunci.

Google baru-baru ini terpojok dengan pernyataan dari pekerjanya yang mengatakan pengguna Gmail tidak memiliki harapan dalam hal privasi informasi. Para penggguna secara tidak sadar memberikan privasi tersebut kepada pihak ketiga.

“Seseorang tidak memiliki harapan soal privasi yang sah dalam informasi. Ia secara sukarela beralih ke pihak ketiga,” kata pegawai Google tersebut seperti yang dilansir dari Express.

Pernyataan ini memang mengacu pada fakta bahwa seluruh surel dikirim melalui sistem Google. Akan tetapi semua surel tersebut diklaim tidak disentuh atau dilihat.

Hal yang sama juga terjadi di Hotmail dan YahooMail, yang bisa memindai isi surel ketika sedang dikirimkan. Pemindaian ini merupakan cara utama bagi kedua layanan surel tersebut untuk menentukan isi surel dimasukan ke spam, atau junk folder.

Kendati demikian, IT Service Delivery Manager di Franck Recruitment Group, Steve Willis mengatakan sesungguhnya Hotmail, Gmail, dan YahooMail masih bisa digunakan sebagai akun surel pribadi. 

Pasalnya menurutnya Gmail memiliki fitur yang bgagus dari sisi penggunaan cross-platform dan batas ukuran tautan surel.

“Hotmail, Gmail, dan YahooMail adalah solusi konsumen yang kuat, jadi akan baik-baik saja untuk digunakan sebagai akun surel pribadi,” kata Willis.

Lebih lanjut ia menganjurkan untuk menggunakan layan serul yang lebih aman apabila digunakan untuk akun surel bisnis atau perusahaan. Ia mengatakan pengguna harus menimbang kemudahan pengendalian dan skabilitas.

“Pengguna juga harus menimbang kemudahan dalam membatasi jenis surel yang anda terima dan melindung para staf dari spam, terutama ketika anda ingin meningkatkan jumlah akun surel yang dilampirkan ke domain anda,” kata Wilis, seperti dikutip Express. (ak/cnn)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker