Donald Trump dan Amerika di Mata Dunia Saat Ini

Abadikini.com – Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara adidaya dengan militer terkuat, ekonomi terbesar, dan budaya yang dominan. Namun faktor-faktor ini ternyata tidak selalu berbuah rasa hormat dari dunia internasional.

Keinginan negara lain untuk menaruh kepercayaan terhadap Amerika dengan kekuatannya yang luar biasa semakin berkurang. Pada saatnya ini dapat merongrong pengaruh negeri Paman Sam.

Padahal, semakin baik citra bangsa ini, semakin banyak pula pemerintah asing yang bersedia bekerja sama dengan pemerintah AS dalam memajukan tujuan bersama.

Coba tengok data Pew Research Center untuk tahun 2016 dan 2017, seperti dilansir CNBC. Dari 17 negara, hanya tiga negara – yakni Yunani, Hongaria, dan Nigeria — yang memberi peningkatan kesan positif terhadap Amerika.

Negara lainnya menurunkan pandangan positif mereka, beberapa bahkan mencatatkan penurunan yang dramatis, di antaranya Australia (60 menjadi 48), Kanada (65 menjadi 43), Prancis (63 menjadi 46), Jerman (57 menjadi 35), dan India (56 menjadi 49).

Selanjutnya adalah Italia (72 menjadi 61), Kenya (63 menjadi 54), Belanda (65 menjadi 37), Polandia (74 menjadi 73), Afrika Selatan (60 menjadi 53), Spanyol (59 menjadi 31), dan Swedia (69 menjadi 45).

Salah satu negara maju di Asia yakni Jepang menurunkan pandangan positifnya terhadap AS dari 72 menjadi 57. Inggris, yang justru merupakan salah satu sekutu terdekat Washington, ikut menurunkan pandangannya dari 61 menjadi 50.

Mungkinkah ini disebabkan faktor apapun selain pemerintahan Trump? Studi Pew Research Center yang dilakukan pada Juni lalu menunjukkan jawabannya adalah tidak.

Menurut para peneliti, sejak dilantik sebagai Presiden ke-45 AS pada 20 Januari 2017, pemerintahan Donald Trump telah berdampak besar pada bagaimana dunia melihat Amerika.

Trump berikut sejumlah kebijakan yang diusungnya tidak banyak diterima oleh kalangan internasional. Peringkat untuk AS pun telah menurun tajam di banyak negara.

Jajak pendapat Gallup yang diambil antara Maret dan November 2017 menemukan bahwa tingkat dukungan untuk kepemimpinan AS hanya mencapai 30%, turun dari 48% pada tahun 2016. Pada saat yang sama, tingkat penolakan naik dari 28% menjadi 43%.

Sebaliknya, pandangan terhadap kepemimpinan China, Jerman, dan Rusia secara umum tetap positif dan tidak berubah.

Secara keseluruhan, menurut Gallup, citra AS yang melemah pada tahun 2017 mencerminkan penurunan yang besar dan luas dalam tingkat dukungan serta peningkatan yang relatif sedikit.

1 2 3Laman berikutnya

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker