Amien Rais: Pak JK Betul, Sebaiknya PAN Keluar Koalisi

abadikini.com, JAKARTA- Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais kembali menyarankan agar PAN keluar dari koalisi pemerintah. Mantan Ketua MPR itu menyebut, akan menjadi beban sejarah bagi PAN jika tetap berada di gerbong koalisi pemerintah.

Saran itu disampaikannya menanggapi pernyataan Wakil Presiden Jusuf Kalla yang menyebut sikap PAN tidak etis karena tidak mendukung pengesahan Peraturan Pemer8ntah Pengganti Undang-undang (Perppu) Ormas.

“Yang betul Pak JK, sebaiknya PAN keluar karena akan jadi beban sejarah,” ujar Amien di gedung DPR, Jakarta, Kamis (02/11) Kemarin

Dikatakan Amien, publik akan menilai PAN sebagai partai yang meladeni kepentingan pemodal karena mendukung pemerintah, padahal PAN lahir dari rahim reformasi. “Ikut memikul dosa rezim ini yang menjadi pelaksana reklamasi, Meikarta, dan lain-lain dan tidak berpikir untuk kepentingan bangsa tapi pengembang,” ujar dia.

Seperti diketahui, PAN menjadi satu-satunya parpol pendukung pemerintah yang menolak Perppu Nomor 2 Tahun 2017 tentang Ormas. PAN menganggap Perppu Ormas bertentangan dengan asas negara hukum karena menghapus proses pengadilan dalam mekanisme pembubaran ormas.

Wakil Presiden Jusuf Kalla menilai, sikap PAN itu tak etis. Sebab, PAN adalah bagian dari koalisi pemerintah. “Tentu kurang etis, tapi itu hak demokrasi masing-masing,” kata Kalla di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (31/10).

“Menterinya yang ada di kabinet dengan fraksinya kadang-kadang memang beda pendapat,” tambah dia. (ak.harla)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker