Inilah Hasil Kesepakatan Program Meribbean di Kota Tidore Kepulauan

Abadikini.com, TIDORE – The Meribbean Konsultan dari Spanyol mengadakan meeting yang bertempat diruang rapat Dinas Pariwisata dengan beberapa dinas teknis dilingkungan Pemerintah Kota Tidore Kepulauan diantaranya Dinas pariwisata, Dinas Perikanan dan kelautan, Dinas Perhubungan, Dinas Ketahanan Pangan, Perusahan Air Minum dan UPP Soasio kota Tidore Kepulauan tentang rencana Meribbean Project mengenai 5 pelabuhan di Indonesia Timur.

Mr. Santiago Gil Casares selaku principal of The Meribbean Promoter Spanyol, dalam presentasinya mengatakan bahwa melalui program Meribbean ini di kota Tidore kepulauan akan dibangun 1 (satu) terminal kapal pesiar (cruise terminal) yang berlokasi di kelurahan Rum dan pusat pelabuhan perikanan terpadu yang nantinya dibangun di Maitara.

Tujuan dari semua ini adalah membantu pembangunan perikanan dan pariwisata secara menyeluruh dan berkelanjutan program ini sudah dirampungkan pemaparanya di Bappenas, serta Kementerian terkait di jakarta dan bersama timnya juga telah melaksanakan kunjungan ke berbagai destinasi wisata yang ada di Tidore.

Dalam pertemuan tersebut juga dinas terkait memberikan masukan tentang beberapa kondisi dan potensi perikanan, seperti kondisi sosial budaya masyarakat serta kondisi maupun kebutuhan lainya seperti air bersih, listrik dan diving centre. Kepala UPP Soasio juga memberikan tanggapan terkait rencana pembangunan Cruise Terminal harus sesuai dengan standar operasional, prosedur serta memperhatikan kondisi jalur lalu lintas karena di jalur transportasi laut rum bastiong merupakan jalur sibuk yang menghubungkan Tidore dan Ternate.

“Harapan semoga dalam meeting ini menjadi entry point untuk pengembangan pariwisata Kota Tidore Kepulauan kedepan apalagi dikaitkan dengan peringatan 500 tahun ekspedisi magelland tahun 2021 nanti” ujar kadis Pariwisata kota Tidore Kepulauan Yakub Huasain.

Diakhiri pertemuan Mr Santiago mengarapkan dukungan pemerintah Kota Tidore Kepulauan untuk sukseskan kegiatan Priject Meribbean ini. Sekretaris Dinas Kelautan dan Perikanan M.Tahsim Hajatuddin selaku moderator dalam meeting ini mengatakan bahwa peluang ini sangat penting dan harus diambil untuk dapat membantu dalam mensukseskan 500 tahun ekspedisi magelland dimana Tidore merupakan titik akhir dari ekspedisi tersebut dan juga untuk mensukseskan SAIL TIDORE 2021, keseluruhan dari hasil meeting ini akan dilaporkan ke Walikota dan dilanjutkan dengan presentasi pada bulan september 2018 nanti. (RN.ak)

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker