23 Warga Sipil di Suriah Menjadi Korban Serangan Udara

Abadikini.com, DAMASKUS – Serangan udara pada Selasa (1/5/2018) di salah satu kantong terakhir yang dikuasai ISIS di Suriah menewaskan sedikitnya 23 warga sipil. Menurut media pemerintah Suriah dan kelompok pengawasan yang terkait dengan oposisi, ketika pasukan dukungan Amerika Serikat (AS) di daerah itu mengumumkan mereka telah melanjutkan kampanye mereka melawan ekstremis.

Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris mengatakan tidak jelas apakah serangan udara di provinsi Hassakeh dilakukan oleh koalisi pimpinan AS atau angkatan udara Irak. Dikatakan serangan itu menewaskan 10 anak, enam wanita dan tujuh orang lanjut usia.

Kantor berita negara Suriah mengatakan 25 warga sipil tewas dalam serangan udara di selatan kota Shadadi. Pihaknya menyalahkan koalisi pimpinan AS sebagai penyerang. Serangan itu terjadi di sebuah area di mana Pasukan Demokratik Suriah yang dipimpin oleh orang Kurdi sedang berjuang melawan ISIS.

Sementara melalui pesan surat elektronik ke AP, koalisi pimpinan AS mengatakan laporan awal menunjukkan tidak ada serangan udara koalisi di daerah di mana serangan udara mematikan dikatakan telah terjadi.

Juru bicara SDF di provinsi Deir el-Zour, Lelwa Abdullah, mengatakan pada Selasa (1/5/2018) bahwa fase akhir dari operasi besar melawan IS di Suriah timur telah dimulai. “SDF akan membebaskan daerah-daerah dan mengamankan perbatasan Suriah-Irak dan mengakhiri kehadiran IS di Suriah timur sekali dan untuk selamanya,” katanya.

SDF telah mengirim ratusan pasukannya ke Suriah barat setelah pasukan Turki menyerang daerah Afrin yang dikuasai Kurdi awal tahun ini, yang secara efektif menempatkan operasi melawan ISIS ditahan.

Abdullah mengatakan, serangan-serangan ISIS telah meningkat dalam beberapa pekan terakhir di beberapa bagian Suriah timur dekat perbatasan dengan Irak ketika kelompok ekstremis itu berusaha untuk berkumpul kembali. Dia mengatakan operasi pembersihan akan berlangsung dengan bantuan koalisi pimpinan AS dan pasukan Irak di seberang perbatasan.

Departemen Luar Negeri AS mengatakan hari-hari ISIS mengendalikan wilayah di Suriah akan segera berakhir, dan bahwa operasi baru mereka dimaksudkan untuk membebaskan benteng ISIS terakhir di Suriah.

Presiden AS Donald Trump mengatakan dia ingin menarik pasukan AS segera setelah ekstremis dikalahkan. Namun juru bicara Departemen Luar Negeri Heather Nauert mengatakan AS akan memastikan bahwa ada jejak yang kuat dan langgeng di Suriah sehingga ISIS tidak dapat kembali.

Di tempat lain di Suriah pada hari Selasa,media pemerintah melaporkan, lebih dari tiga puluh warga Suriah yang ditahan selama bertahun-tahun oleh gerilyawan terkait Alqaidah di barat laut negara itu dibebaskan sebagai bagian dari kesepakatan untuk menyerahkan daerah di sekitar Damaskus kepada pemerintah.

Gerilyawan telah menyetujui serangkaian kesepakatan evakuasi untuk wilayah di sekitar ibu kota yang telah dikepung selama bertahun-tahun dan menjadi sasaran pengeboman berat oleh pasukan pemerintah. PBB dan kelompok-kelompok hak asasi manusia telah mengkritik kesepakatan tersebut, mengatakan bahwa pemindahan mereka adalah pemindahan paksa.

Kesepakatan itu menyangkut Yarmouk, sebuah kemah pengungsi Palestina yang merupakan daerah pemukiman yang dibangun sebelum perang sipil. Militan ISIS masih mengontrol bagian-bagian kemah dan daerah sekitarnya, di mana mereka bertempur melawan pasukan pemerintah.

Sebanyak 42 orang yang dibebaskan pada hari Selasa adalah kloter pertama, lebih dari 80 yang akan dirilis. Berdasarkan kesepakatan itu, para pejuang dari kelompok Hayat Tahrir al-Sham yang terkait dengan Alqaidah akan menarik diri dari Yarmouk, sementara sekitar 5.000 orang di Foua dan Kfraya, dua desa barat laut yang dikepung oleh pemberontak, akan diizinkan untuk pindah ke daerah-daerah yang dikuasai pemerintah.

Al-Ikhbariya mengatakan hampir 20 orang yang terluka atau sakit dari dua desa yang terkepung dievakuasi pada Selasa (1/5/2018). Namun evakuasi tampaknya terhenti di tengah kekhawatiran keamanan, dengan penduduk meminta agar mereka semua dievakuasi bersama-sama alih-alih secara bertahap.

Observatorium mengatakan lima bus yang membawa sekitar 200 pemberontak dari Yarmouk tiba di area serah terima di selatan Aleppo.

PBB telah memperingatkan konsekuensi bencana bagi penduduk Yarmouk yang tersisa karena pertempuran berlanjut.  ini didirikan pada tahun 1957 untuk orang-orang Palestina yang melarikan diri dari perang 1948 dengan Israel, dan kemudian berevolusi menjadi lingkungan perkotaan padat penduduk yang menjadi rumah bagi puluhan ribu orang Palestina dan Suriah.

Telah terlihat pertempuran sengit sejak awal perang saudara berusia tujuh tahun ini, dan ISIS didorong ke distrik pada tahun 2015.”Yarmouk dan penduduknya telah mengalami penderitaan dan penderitaan yang tak dapat dilukiskan selama bertahun-tahun konflik,” kata kepala badan PBB untuk pengungsi Palestina, Pierre Krhenbhl, pekan lalu.

PBB menyebutkan pertempuran terbaru telah membuat sekitar 5.000 penduduk sipil dari Yarmouk ke daerah tetangga Yalda. Tidak jelas berapa banyak warga sipil yang tinggal di Yarmouk.

Kemudian pada hari Selasa, televisi Al-Ikhbariya yang dikelola oleh pemerintah mengatakan bahwa para pemberontak telah setuju untuk mengizinkan pasukan pemerintah untuk kembali ke pedesaan di utara Homs, kota terbesar ketiga di negara itu, dan membangun kembali lembaga-lembaga negara.

Pemberontak akan memiliki pilihan untuk menyatakan kesetiaan mereka kepada pemerintah atau merelokasi ke wilayah yang dikuasai pemberontak di Suriah utara. Stasiun televisi itu mengatakan jalan raya internasional yang melintasi wilayah itu akan dibuka kembali dalam tiga hari. (selly.ak/rep)

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker