Walikota Ali Ibrahim Apresiasi UTD RSUD Tidore Sinergi Laksanakan Donor Darah

Abadikini.com, TIDORE – Pemerintah Daerah Kota Tidore Kepulauan bersama Unit Transfusi Darah (UTD) Rumah Sakit Umum Daerah Tidore melaksanakan kegiatan donor darah. Kegiatan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke 78 Proklamasi Kemerdekaan RI ini melibatkan para ASN/Non ASN dilingkup Pemerintah Kota Tidore Kepulauan, di Aula Sultan Nuku, Senin (21/8/2023).

Dikesempatan tersebut Walikota Tidore Kepulauan Capt. H. Ali Ibrahim bersama Wakil Walikota Muhammad Sinen dan Sekertaris Daerah Ismail Dukomalamo meninjau langsung pelaksanaan donor darah, serta melakukan pemeriksaan kesehatan dasar seperti pengecekan tekanan darah dan juga hemoglobin (Hb).

Disela-sela peninjauan Walikota dua periode ini menyampaikan, kegiatan donor darah merupakan rangakaian dari kegiatan hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia untuk itu Ali Ibrahim sangat mendukung dan juga memberikan apresiasi kepada dinas terkait atas terselengaranya kegiatan ini. Ia berharap dengan adanya kegiatan donor darah ini memberi manfaat bagi ASN/Non ASN dan juga  masyarakat diluar sana.

“Saya atas nama pemerintah daerah  akan selalu memberikan dukungan, Kedepan kita akan melaksanakan lagi kegiatan donor darah untuk memberikan bantuan kepada saudara-saudara kita yang sangat membutuhkan baik di puskesmas maupun dirumah Sakit” tutup Ali Ibrahim

Sementara itu dr. Zuhrina Ridwan selaku penangung jawab dari UTD Rumah Sakit Umum Daerah Tidore mengatakan setiap harinya para pasien membutuhkan donoran darah, akan tetapi stok darah yang disediakan sangat terbatas dan menipis maka dari itu   tujuan dari pelaksaan kegiatan donor darah ini yaitu untuk mempersipakan dan menyetok kantong darah kepada para pasien yang membutuhkan.

”dikarenakan masih kurangnya stok darah yang disedikan oleh rumah sakit kepada pasien yang membutuhkan, zuhrina berharap setelah terselenggaranya kegiatan ini pemerintah daerah memberikan support  dalam artian melakukan donor darah rutin setiap triwulan atau tiga bulan sekali secara bergantian atau berkala pada masing-masing dinas agar dari pihak utd rumah sakit dapat langsung mengambil  stok darah pada dinas terkait” jelas Zuhrina

Sebelum melakukan donor darah  hal-hal yang harus diperhatikan pada calon pendonor darah yaitu kondisi tubuh dalam keadaan sehat dan Vit, berusia 17-56 tahun, berat badan minimal 45 kilogram,  tidak memiliki riwayat penyakit infeksi seperti Hepatitis B dan C, Hiv/Aids, Malaria, Hipertensi, Diabetes, Sakit jantung dan ginjal, hemoglobin (Hb) minimal 12.5

Tidak hanya itu zuhrina juga menambahkan adapun Manfaat bagi pendonor yaitu   semakin sehat karena sel darah merah diperbaharui dan akan di gantikan dengan sel darah merah yang baru dalam waktu 24 jam, lebih awet muda, berat badan semakin ideal, sirkulasi jantung normal.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker