Survei Fixpoll: Elektabilitas Probowo Tertinggi di Jawa Timur

Abadikini.com, JAKARTA – Fixpoll Research and Strategic Consulting  merilis hasil survei terbaru elektabilitas capres menjelang Pilpres 2024, khusus di Jawa Timur (Jatim). Hasilnya, Menteri Pertahanan yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto  memiliki elektabilitas tertinggi.

Dalam survei, dilakukan simulasi empat kandidat capres. Selain Prabowo, ada  Ganjar Pranowo, Anies Baswedan, dan Airlangga Hartarto.

Prabowo mendapat elektabilitas tertinggi, yaitu 35,8 persen. Di bawahnya ada Ganjar 30,3 persen, lalu Anies 10,5 persen, dan terakhir Airlangga sebesar 3,0 persen.

“Pak Prabowo menempati urutan pertama di Jatim. Pak Ganjar urutan kedua,” kata Direktur Eksekutif Fixpoll Mohammad Anas, dalam rilis surveinya, di Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Dalam survei itu juga diketahui, Prabowo menjadi kandidat capres yang memiliki popularitas tertinggi di kalangan masyarakat Jawa Timur. Tingkat keterkenalan Prabowo sebesar 72,7 persen. Ganjar berada di urutan dua dengan 68,8 persen, dan Anies di urutan tiga dengan 64,0 persen.

Saat dilakukan simulasi tiga kandidat capres, Ganjar naik ke posisi pertama dengan 32,1 persen. Prabowo turun ke posisi dua dengan 31,7 persen. Sedangkan Anies tetap di posisi tiga dengan 11,9 persen.

Survei ini dilakukan pada 9-16 Mei 2023, dengan menggunakan metode penarikan sampel multistage random sampling. Survei ini melibatkan sebanyak 840 responden dengan margin of error plus minus 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei dilakukan dengan cara wawancara langsung secara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker