Ahmad Dhani Minta Once Mekel Tunjukkan Bukti Pembayaran Manggung Nyanyi Lagu Dewa 19

Abadikini.com, JAKARTA – Musisi Ahmad Dhani menganggap penyanyi Once Mekel belum bisa memberikan bukti pembayaran terkait penggunaan lagu-lagu Dewa 19 ciptaannya di ranah komersial dan berpendapat bahwa mantan vokalis bandnya itu berlindung di balik penyelenggara acara atau event organizer (EO).

“Kalau benar Once sudah bayar (melalui EO), coba, dong, lampirkan hasil menyanyikan lagu Dewa 19 dari tahun 2010 sampai sekarang. Kalau dibilang sudah bayar, saya bisa bilang itu omong kosong karena saya dan Andra nggak pernah terima dan nggak ada buktinya. Jadi, menurut saya Once berlindung di balik EO,” kata Ahmad Dhani saat peluncuran video musik single “Love is Blind” di Jakarta, Selasa (4/4) lalu.

Once Mekel sempat menyatakan bahwa dia tidak menyalahi aturan hukum apapun terkait penggunaan lagu-lagu Dewa 19 ciptaan Ahmad Dhani atau Andra Ramadhan di ranah komersial.

Penyanyi bernama lengkap Elfonda Mekel itu berpegang pada Undang-undang Hak Cipta yang menyatakan bahwa kewajiban pembayaran royalti terkait performing rights sudah dilaksanakan oleh pihak penyelenggara acara lewat Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN).

Ahmad Dhani lantas berpendapat bahwa sejak tak lagi memperkuat Dewa 19 pada 2010 silam, Once masih membawakan sejumlah lagu-lagu yang dia dan Andra ciptakan untuk band tersebut.

“Sejak keluar dari band tanpa alasan, Once masih tetap nyanyi lagu-lagu Dewa 19 di mana-mana. Saat itu Dewa 19 malah sedang ngaplo (bahasa Jawa: melongo), nggak punya job selama enam tahun, sampai akhirnya ada reuni dengan Ari Lasso tahun 2016,” kata Dhani.

Berkebalikan dengan Dewa 19 yang vakum tanpa vokalis dan sepi tawaran manggung kala itu, Once kata Dhani, saat itu tetap berjalan sendirian dengan menyanyikan lagu-lagu Dewa 19 di atas panggung.

“Jadi saya tagih, mana bukti bayarnya? Show me the money!” kata Dhani.

Dhani lantas menyebutkan salah satu pernyataan mantan vokalis Dewa 19 itu yang berupaya membantu para komposer dan pencipta lagu di Tanah Air untuk mendapatkan apa yang menjadi hak mereka terkait penggunaan dan pemanfaatan lagu.

“Ya sudah, kalau begitu bantulah dengan kasih bukti pembayaran EO kepada kami dari tahun 2010 sampai sekarang. Nggak ada buktinya. Kalau diakumulasikan hingga kini, mungkin Once sudah bisa dapat miliaran semisal sekali show dibayar Rp100 juta saja,” kata Dhani.

Meski tengah berpolemik, Dhani kembali menegaskan bahwa hubungan pribadi antara dirinya dengan Once masih terjaga baik mengingat apa yang terjadi saat ini murni soal perkara pekerjaan.

Its only a business. Berteman biasa saja, nggak ada masalah. No hard feelings. Belum ngobrol dan belum ada rencana (bertemu),” kata Dhani.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker