PPIH Bidang Kesehatan Diminta Fokus Layani Jemaah Haji

Abadikini.com, JAKARTA – Pelatihan Kompetensi Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Bidang Kesehatan Tahun 2023 sedang berlangsung di Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Ciloto pada 24-27 Maret 2023.

306 PPIH bidang kesehatan terpilih mendapatkan pelatihan teknis sesuai kompetensi masing-masing. PPIH bidang kesehatan dibagi menjadi 5 kelompok kelas yaitu emergency medical team (EMT), promosi kesehatan dan sanitarian, farmasi dan penunjang medis, dokter, serta perawat.

Metode pelatihan kompetensi tidak hanya secara teoritis namun lebih banyak melalui metode role play dengan kasus yang disesuaikan dengan kondisi yang sering dihadapi saat penyelenggaraan ibadah haji.

“PPIH bidang kesehatan dituntut memberikan pelayanan prima terutama karena adanya peningkatan jemaah haji lansia dan mayoritas risiko tinggi,” jelas Kepala Pusat Kesehatan Haji Liliek Marhaendro Susilo, Ak M.M dalam keterangan, Senin (27/3/2023).

Selain pelatihan kompetensi teknis tenaga kesehatan, PPIH juga diberikan kompetensi lainnya seperti kerja sama tim dan kolaborasi profesi di daetah kerja (Daker), komunikasi efektif, serta sistem digitalisasi kesehatan haji. Kompetensi ini penting untuk mendukung pelaksanaan tugas PPIH nantinya.

Keberhasilan penyelenggaraan kesehatan jamaah haji bukan hanya sekadar kompetensi satu bidang saja, namun terletak pada kebersamaan dan kekompakan antar petugas kesehatan.

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal Kemenkes Kunta Wibawa Dasa Nugraha berharap agar PPIH bidang kesehatan dapat bertugas dengan baik dan fokus untuk memberikan pelayanan kepada jemaah haji untuk mewujudkan penyelenggaraan haji yang aman dan sehat.

Sekjen Kunta berpesan bahwa tugas sebagai PPIH adalah tugas yang mulia dan tugas utamanya adalah memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada jemaah haji sehingga diharapkan tidak mementingkan kepentingan pribadi.

“Teman-teman di pelatihan ini tugasnya adalah menjadi petugas kesehatan untuk melayani jemaah haji agar jemaah tetap sehat, bukan menjalankan ibadah haji. Jangan sampai meninggalkan jemaah untuk mementingkan ibadah sendiri,” tegas Sekjen.

Baca Juga

Berita Terkait
Close
Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker