Viral, Sebuah Sungai Dipenuhi Jutaan Ikan Mati dan Membusuk

Abadikini.com, JAKARTA – Pemandangan mengerikan terjadi di salah satu sungai di Australia. Jutaan ikan mati mengambang hingga membusuk di Sungai Darling, Kota Menindee.

Kejadian itu menjadi viral di media sosial usai sebuah video memperlihatkan kondisi Sungai Darling yang dipenuhi oleh bangkai ikan hingga permukaan air tidak terlihat.

Lantas, apa yang membuat fenomena itu terjadi? Pemerintah dan ilmuwan New South Wales memperkirakan bahwa peristiwa ini terjadi karena hipoksia, atau kadar oksigen yang rendah.

“Kematian ikan ini terkait dengan rendahnya kadar oksigen di dalam air (hipoksia) saat air banjir surut,” kata juru bicara Department of Primary Industries (DPI), dikutip dari Science Alert.

Selain itu, cuaca yang panas juga membuat keadaan semakin parah. Hal itu juga yang membuat hipoksia semakin parah.

Wilayah tersebut memang dikenal sebagai tempat ‘pembunuhan massal’ ikan karena banyaknya populasi ikan hingga mengalami kekurangan oksigen.

Fenomena itu pun bukan kejadian pertama, sejak 2018 lalu, peristiwa serupa sudah terjadi untuk yang ketiga kalinya.

Sebelumnya, fenomena serupa pernah terjadi di Menindee. Ikan mati secara massal karena kurangnya air di sungai karena kemarau berkepanjangan hingga menyebabkan ganggang beracun tumbuh lebih dari 40 kilometer.

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker