TikTok, Meta DKK Dituduh Sebabkan Masalah Kesehatan Mental Remaja AS

Abadikini.com, JAKARTA – Raksasa teknologi antara lain perusahaan induk Google Alphabet Inc, Meta Platforms Inc, ByteDance TikTok dan Snap Inc dituntut oleh sebuah sekolah negeri di Seattle, Amerika Serikat karena menyebabkan masalah kesehatan mental remaja di sana.

Dalam berkas yang diajukan ke Pengadilan Distrik AS, seperti disiarkan Reuters pada Minggu (8/1), sekolah menuduh raksasa teknologi secara sengaja merancang produk mereka supaya remaja terikat ke platform itu dan menyebabkan krisis kesehatan mental.

“Tergugat sukses mengeksploitasi kelemahan otak pemuda, mengikat puluhan juta siswa di seluruh negeri terhadap lingkaran umpan balik positif yang ternyata adalah penggunaan berlebihan dan penyalahgunaan platform media sosial tergugat,” kata sekolah itu dalam berkas tuduhan mereka.

Ssiwa yang memiliki riwayat kesehatan mental, menurut sekolah itu, menjadi lebih buruk sehingga sekolah harus mengambil langkah seperti melatih guru untuk mengidentifikasi dan mengatasi gejala, mempekerjakan karyawan terlatih dan membuat biaya tambahan untuk memperingatkan siswa soal bahaya media sosial.

Sekolah dalam gugatan itu menginginkan kompensasi atas kerugian finansial dan lainnya.

Google melalui keterangan tertulis mengatakan berinvestasi besar-besran untuk menciptakan pengalaman yang aman untuk anak-anak di seluruh platform mereka. Google juga memperkenalkan “perlindungan yang kuat dan fitur khusus untuk memprioritaskan kesejahteraan”.

Snapchat mengatakan mereka bekerja sama dengan sejumlah organisasi kesehatan mental untuk membuat alat di dalam aplikasi dan bahwa kesejahteraan mental adalah prioritas utama mereka.

sumber: Reuters, Antara

Baca Juga

Back to top button

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker